infobanua.co.id
Beranda TAPIN Tapin Gelar Asistensi SAKIP Tahun 2021

Tapin Gelar Asistensi SAKIP Tahun 2021

TAPIN, INFOBANUA.co.id – Bupati Tapin HM.Arifin Arpan membuka kegiatan Asistensi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2021 yang dilaksanakan selama tiga hari. Kamis (30/9/2021), bertempat di Aula Hotel Rattan In Banjarmasin.

Kemampuan manajerial para pejabat strategis menjadi fokus kerja pihaknya untuk meningkatkan sumber daya manusia mengenai pemahamannya tentang SAKIP di masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Tapin.

Kegiatan ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Tapin, H.Masyraniansyah, Assesor Kemenpan RB Ananda Juarsa, juga Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Tapin.

Sekda Tapin H Masyraniansyah dalam arahannya menekankan agar kepada seluruh SKPD di Tapin dapat memahami apa itu Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP, hal ini agar masing – masing SKPD dapat mengerti tugas dan fungsinya masing – masing.

“Setiap SKPD berkewajiban memahami apa itu SAKIP,”Tegas Sekda.

Hal ini agar Pemerintah Kabupaten Tapin tidak ketinggalan dengan daerah lain, sehingga disisa jabatan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dan Wakil Bupati Tapin H Syafrudin Noor semua SKPD di Tapin dapat saling bersinergi baik sehingga pembangunan di daerah maupun pelayanan publik dapat berjalan dengan baik.

Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan sesuai rekomendasi dari Tim Evaluator Kemenpan RB SAKIP Kabupaten Tapin, bahwa perangkat daerah harus menyusun langkah – langkah perbaikan dalam rangka peningkatan SAKIP Kabupaten Tapin.

“Perbaikan sendiri berfokus pada peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam pemahaman SAKIP di Perangkat Daerah,” Jelas Bupati.

Bupati turut menekankan kepada masing – masing SKPD agar memiliki kemauan untuk memperbaiki diri, sehingga pelatihan yang diberikan dapat bermanfaat.

“Karena sebanyak apapun pelatihan yang diberikan kalau tidak ada kemauan akan menjadi sia – sia. Untuk itu diharapkan ada kemauan dan kesungguhan dari bapak dan Ibu,”katanya.

Sebab kemampuan manajerial para pejabat strategis akan menentukan kinerja perangkat daerah kedepan, apakah baik atau sebaliknya. Dan ini akan menentukan kinerja pemerintah Kabupaten Tapin secara keseluruhan.

“Semua perangkat daerah harus memiliki kemampuan memanajemen perangkat daerahnya masing – masing, khususnya saat melakukan penyusunan anggaran,”kata Bupati.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan