infobanua.co.id
Beranda Blitar Akibat Kekeringan, Warga Blitar Selatan Terus Membutuhkan Air Bersih

Akibat Kekeringan, Warga Blitar Selatan Terus Membutuhkan Air Bersih

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, dalam hal ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, terus gencar memenuhi permintaan air bersih yang masih tinggi, diwilayah Blitar Selatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan dropping air bersih ke sejumlah daerah di Blitar selatan yang mengalami kekeringan.

Berdasarkan update data BPBD, per-Kamis 14 Oktober 2021 kemarin, dropping air bersih disalurkan ke Dusun Jemblong, Desa Kalitengah, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, tercatat ada 65 Kartu Keluarga (KK) yang memanfaatkan air bersih.

“Dalam sehari dropping air bersih dilakukan menggunakan tangki dengan kapasitas 6.000 liter air,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, Jum’at 15-10-2021.

Menurut Cholik, sampai saat ini permintaan air bersih masih tinggi, sama dengan pada awal kekeringan bulan Agustus 2021 lalu.

Warga masyarakat yang mulai mengalami kekeringan dapat mengirim surat permintaan air bersih melalui Desa atau dapat dilakukan secara online malalui WhatsApp center BPBD Kabupaten Blitar.

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan BPBD, terdapat ada 05 Kecamatan dan 19 Desa yang rawan terjadi kekeringan setiap tahun.

“Lima Kecamatan rawan kekeringan ini, meliputi Kecamatan Bakung, Kecamatan Binangun, Kecamatan Wonotirto, Kecamatan Wates dan Kecamatan Panggungejo,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan