oleh

Banyak Pengunjung Bingung Gunakan Aplikasi PeduliLindungi Ketika Taman Kota Blitar Dibuka

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, dalam PPKM Level 1 menuju new normal, selain kawasan wisata Makam Bung Karno (MBK), juga membuka Taman Kebon Rojo, jalan Diponegoro, Kota Blitar untuk umum.

Setelah fakum tidak beroperasi sejak PPKM Darurat dan pandemi covid-19 setahun lebih, akhirnya Taman Kebon Rojo, yang menyuguhkan Kebun Binatang Mini ini dapat dibuka untuk kembali dinikmati oleh warga masyarakat.

Kepala Bidang Konservasi dan Komunikasi Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar, Rahmawati Anifah, mengatakan, Taman Kebon Rojo Kota Blitar, telah resmi dibuka pada Sabtu 09 Oktober 2021 lalu.

Sejak dibuka petugas menerapkan protokol kesehatan dengan benar dan ketat, meskipun saat ini Kota Blitar masih melakukan uji coba new normal PPKM Level 1.

“Meski sudah di buka untuk umum, kami tetap mengedepankan protokol kesehatan (protkes) pencegahan covid-19 secara benar dan ketat,” kata Kepala Bidang Konservasi dan Komunikasi Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar, Rahmawati Anifah, Rabu 20-10-2021.

Menurut Rahmawati, syarat wajib untuk dapat masuk ke Taman Kebon Rojo, yakni pengunjung harus sudah menjalani vaksinasi covid-19 dan bisa menunjukkan bukti telah divaksin dengan aplikasi peduliLindungi.

Karena tidak semua pengunjung memiliki aplikasi tersebut. Apalagi untuk mengoperasikannya juga belum bisa.

Maka pihaknya telah menyiagakan petugas di pintu masuk taman. Sedang tugas mereka adalah untuk mengawasi dan membantu pengunjung yang tidak bisa menggunakan aplikasi peduliLindungi.

“Kami tetap menyiapkan petugas, agar bisa membantu para pengunjung yang kesulitan masuk Taman Kebon Rojo,” jlentrehnya.

Lebih dalam Rahmawati menuturkan, jika vaksinasi covid-19 merupakan syarat mutlak bagi pengunjung yang hendak masuk Taman Kebonrojo.

Muaranya adalah, bila pengunjung yang belum vaksin vovid-19 maka belum dapat masuk Taman Kebon Rojo.

Atau jika tidak punya aplikasi peduliLindungi harus download dulu. Nanti ada petugas yang membantunya.

“Sedang untuk pengunjung anak di bawah usia 12 tahun, kami memperbolehkan masuk, dengan syarat didampingi orang tua yang sudah divaksin covid-19,” ungkapnya.

Selanjutnya Rahmawati menjelaskan bahwa, selain itu, pihaknya juga tetap membatasi kapasitas pengunjung yang masuk ke Taman Kebon Rojo,

Sesuai ketentuan, kapasitas pengunjung dibatasi hanya 200 orang atau sekitar 75 porsen dari kapasitas keadaan normal.

Dimana pihaknya sudah memasukkan batasan kapasitas pengunjung tersebut di aplikasi peduliLindungi.

Nantinya, jika kapasitas pengunjung sudah memenuhi batasan maka muncul tanda merah pada aplikasi.

“Semisal ada pengunjung mau masuk, ketika diperiksa menggunakan aplikasi peduliLindungi muncul tanda merah, berarti kapasitas di dalam sudah memenuhi 200 orang. Jadi harus menunggu pengunjung lain keluar dahulu,” pungkasnya. (Eko.B). 

News Feed