oleh

Dinkes Blitar Lakukan Surveilans di Acara Gebyar Seni Budaya

Blitar, Infobanua.co.id – Untuk menggambarkan kepatuhan warga masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan (protkes) pencegahan penyebaran covid-19 dalam uji coba Gebyar Seni Budaya di masa New Normal PPKM Level 1.

Maka Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Blitar, telah melakukan surveilans faktor risiko dalam uji coba Gebyar Seni Budaya pada masa New Normal PPKM Level 1, di kawasan wisata Makam Bung Karno, Rabu 20-10-2021.

“Surveilans faktor resiko ini memberi gambaran kegiatan di Makam Bung Karno, apakah warga masyarakat patuh terhadap penerapan protokol kesehatan apa nggak,” kata Sekretaris Dinkes Kota Blitar, dr. Dharma Setyawan.

Menurut Dharma, hasil surveilans atau pengamatan secara sistematis terhadap data dan informasi sebagai dasar apakah kegiatan serupa bisa diteruskan atau ditangguhkan.

“Dari hasil surveilans itu akan menjadi dasar apakah kegiatan serupa diteruskan atau diteruskan dengan catatan atau ditangguhkan,” jlentrehnya.

Lebih dalam Dharma menuturkan, dalam pelaksanaan surveilans faktor resiko, pihaknya menghitung jumlah pengunjung dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Ada dua indikator yang dinilai terkait penerapan protokol kesehatan, yakni kepatuhan memakai masker dan kepatuhan mencuci tangan.

Dinkes Kota Blitar, telah menerjunkan 20 orang tenaga kesehatan untuk menghitung secara acak terhadap pengunjung dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Pendataan dan kompilasi surveilans ini sebagai rekomendasi dari Dinkes ke satgas untuk evaluasi kegiatan warga masyarakat di Kota Blitar,” ungkapnya.

Selanjutnya Dharma menerangkan, uji coba acara Gebyar Seni Budaya ini sebagai tindak lanjut mempertahankan status PPKM Level 1 di Kota Blitar.

“Karena Pemkot Blitar mendapat kehormatan dijadikan pilot project oleh Pemerintah Pusat untuk melaksanakan kegiatan di PPKM Level 1 menuju new normal,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, Pemkot Blitar menggelar Gebyar Seni Budaya sebagai uji coba pelaksanaan kegiatan masyarakat di masa New Normal PPKM Level 1 di kawasan wisata Makam Bung Karno, Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, pada hari ini Rabu 20-10-2021.

Dalam acara tersebut Pemkot Blitar juga kerjasama dengan Alumni Akabri tahun 1999, mengadakan bhakti sosial dan vaksinasi secara door to door.

Ada sejumlah kegiatan dalam acara Gebyar Seni Budaya di kawasan Makam Bung Karno.

Kegiatan dilaksanakan mulai dari Perpustakaan Bung Karno, hingga depan halaman pintu masuk pusara Bung Karno. (Eko.B). 

News Feed