oleh

Jembatan Sei Alalak Tahan Gempa dan Mampu Bertahan 100 Tahun

Jakarta, infobanua.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jembatan Sei Alalak di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (21/10/2021). Jembatan ini dibangun dengan struktur bangunan yang tahan gempa dan mampu bertahan hingga 100 tahun.

 

“Jembatan sepanjang 850 meter ini dibangun dengan dana Rp 278 miliar. Dibangun dengan teknologi tinggi dan tahan gempa, diperkirakan mampu bertahan, insyaallah sampai 100 tahun,” kata Jokowi saat peresmian.

 

Ia mendengar kabar, masyarakat sudah tidak sabar agar jembatan Sei Alalak segera diresmikan dan dibuka untuk umum. Karena itu, Jokowi bersyukur pembangunan jembatan ini dapat dirampungkan dengan cepat dan dapat diresmikan hari ini.

 

“Alhamdulillah jembatan Sei Alalak telah rampung dan hari ini kita resmikan sehingga segera bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Saya mendengar bahwa masyarakat sudah tidak sabar lagi menunggu peresmian jembatan ini,” ujar Jokowi.

 

Masyarakat tidak sabar menggunakan jembatan ini, menurut Jokowi, karena jembatan ini memiliki fungsi yang sangat penting sebagai jalur utama akses Kota Banjarmasin dengan berbagai wilayah di Kalimantan Selatan dan di Kalimantan Tengah. Sekaligus juga mengatasi kemacetan setelah jalan lingkar selatan rusak hancur karena diterjang oleh banjir.

 

Oleh karena itu, Jokowi mengharapkan keberadaan jembatan ini akan memperkuat konektivitas antara wilayah di Kalimantan Selatan, memperlancar arus transportasi antardaerah, mengefisienkan biaya logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah sekitarnya, serta menciptakan sentra-sentra ekonomi baru.

 

“Saya sedikit berpesan agar setelah diresmikan jembatan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membangkitkan dan memajukan kegiatan kegiatan produktif di masyarakat sehingga dampaknya bisa betul-betul dirasakan oleh rakyat kita,” kata Jokowi.

Rel

News Feed