oleh

Panen raya Cabai di Desa Sarang Tiung meningkat

Kotabaru, infobanua.co.id – Kelompok tani Sekukup yang berada di Desa Sarangtiung Kecamatan Pulaulaut Sigam, Kotabaru, melakukan panen cabai sebanyak delapan ton di lahan satu hektar dengan jenis cabai yang ditanam yaitu, cabai besar, cabai rawit, dan cabai rawit.

Hal itu disampaikan Ketua Kelompok Tani Sekukup, Ibrahim, memang luas lahan cabai itu sekitar satu hektar dan ada 7000 bibit cabai yang ditanam dengan hasil panen delapan ton, Kamis (21/10/2021).

“Alhamdulillah, panen kali ini sekitar delapan ton cabai dalam kurun waktu 10 bulan,” ucapnya

Ia, pun, memaparkan, untuk pemasaran hasil panen cabai ini sementara hanya dijual dipasar lokal saja.

Pada kesempatan itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar melalui Asisten Perekonomian dan pembangunan Setda Kotabaru H Akhmad Rivai, menyampaikan, pemerintah daerah sangat mengapresiasi kerja kelompok tani cabe Sekukup dalam meningkatkan perekonomian.

Ia, pun, menginginkan, hasil panen cabai tersebut bisa dipasarkan di swalayan, mini market, dan pasar tradisional karena kwalitasnya bagus.

“Ya, jenis cabai yang mereka panen ini kwalitasnya sangat bagus dan tentu akan bisa meningkatkan perekonomian warga,” tuturnya

Disisi lainnya, Manager Arutmin NPLCT yang diwakilkan oleh Supervisor CDEA, Yogi Swara Putra Mendra, mengungkapkan, kami siap untuk selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dan juga mendukung dan memfasilitasi kegiatan kelompok tani cabe ini.

“Kami, akan terus melakukan pembinaan kepada Kelompok Tani Sekukup itu dan akan memfasilitasinya seperti, membuka green house untuk para kelompok tani,” ujarnya.

Acara panen raya cabe ini dihadiri Plt Camat Pulaulaut Sigam, Forkopimca, Mahasiswa MIP, Perwakilan Kepala Dinas Pertanian, serta tamu undangan yang berhadir.

Reporter: Gajali R.

News Feed