oleh

Sosialisasikan Perpres No 82 Tahun 2021 Dan Perda Pesantren, Wagub Jabar Sambangi Cianjur.

Cianjur, infobanua.co.id – Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melaksanakan sosialisasi Peraturan Presiden No. 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren atau dana abadi pesantren di kabupaten Cianjur,Kamis (21/10/2021).
Uu mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan agar komunitas kyai dan pesantren dapat memahami dan memanfaatkan Perpres tersebut.

Selain Perpres, dirinya juga menyampaikan sosialisasi tentang Undang-undang Pesantren, dan Perda Pesantren.

“Saya sosialisasikan biar memahami dan bisa memanfaatkan, jangan sampai ini (undang-undang) lahir untuk kyai dan pesantren, tapi mereka tidak tahu,” kata Uu.kepada awak media,Kamis (21/10/2021).

Secara spesifik perda pesantren ada tiga,pertama ponpes berhak menerima anggaran dari pemerintah,kedua ponpes berhak mendapatkan pembinaan dari pemerintah dan yang ketiga ponpes berhak menerima perbedayaan dari pemerintah.

“Dari tiga hal tersebut artinya ponpes mempunyai hak untuk mendapatkan anggaran dalam porsi APBD baik porsi pendidikan, kesehatan. berikut pembinaan dan pemberdayaannya ponpes juga harus dilibatkan,”jelas UU.

Setelah sosialisasi ini nanti akan dilanjutkan dengan penyuluhan secara teknis terkai Perpres dan perda pesantren ini, untuk itu kita berharap para kyai dan pesantren bisa memamfaatkannya.

“Harapannya dengan kegiatan sosialisasi tersebut dapat bermanfaat dan membawa pencerahan bagi Kyai dan pesantren,”tutupnya.

Diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Presiden (Perpres) No. 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren pada tanggal 2 September 2021. Penyusunan Perpres ini dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) dengan melibatkan para pihak dari lintas kementerian/lembaga negara dan stakeholders pesantren.

Dengan terbitnya Perpres ini diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan pesantren di Indonesia karena ada regulasi baru yang memperkuat bagi pemerintah daerah untuk membantu dalam hal alokasi anggaran.

Hasbi (Abi)

News Feed