oleh

Gempa Bumi, Bermagnitudo 5,3 SR, Sempat Gegerkan Warga Kota Blitar

Blitar, Infobanua.co.id – Kota Blitar telah digoncang gempa bumi bermagnitudo 5,3 Skala Richter (SR) yang berpusat di 78 Kilometer, Barat Daya Kabupaten Malang.

Gempa di kedalaman 33 Kilometer tersebut terasa kencang dirasakan oleh warga Kota Blitar.

Seperti yang dirasakan oleh warga di Perumahan Griya Tanjungsari Pernai (GTP), Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar.

Sejumlah warga sempat berlarian keluar rumah, begitu merasakan ada guncangan gempa bumi.

“Guncangan cukup terasa, kami merasakan dua kali guncangan. Pertama tidak begitu keras, tapi pada guncangan kedua lumayan cukup terasa, sehingga kami lari keluar rumah,” kata Widya, warga GTP, kepada awak media, Jum’at 22-10-2021.

Guncangan gempa bumi juga terasa di kawasan wisata Makam Bung Karno (MBK), Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Salah seorang pengunjung MBK yang enggan disebut namanya mengatakan, sejumlah pengunjung sempat lari keluar toko cindera mata, ketika terjadi goncangan gempa.

“Pengunjung di Makam Bung Karno juga sempat takut,” katanya.

Demikian juga yang dialami para pejabat Pemerintah Kota Blitar dan anggota DPRD yang sedang menggelar rapat paripurna di gedung DPRD, Kota Blitar, juga sempat panik ketika terjadi goncangan gempa bumi.

Sebagian peserta rapat sempat keluar ruangan saat merasakan goncangan gempa.

“Sebagian peserta rapat ada yang keluar ruangan saat terjadi gempa bumi,” kata salah satu anggota Fraksi PPP DPRD Kota Blitar, Nuhan Eko Wahyudi.

Untuk diketahui, bahwa laman twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan laporan dari BMKG, gempa berkekuatan 5,3 SR terjadi pada jam 09.21 WIB.

Terjadi di Koordinat: 8.84 LS-112.51 BT atau 78 Km Barat Daya Kabupaten Malang.

Dan gempa ini tidak berpotensi menimbulkan Tsunami. (Eko.B).

News Feed