oleh

Peringatan Hari Santri Nasional Wakil Bupati Bone Bertindak Sebagai Irup

BONE, Infobanua.co.id — Upacara Hari Santri Nasional digelar Dihalaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bone dengan pembina upacara Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle dengan mengusung tema “Santri Siaga Jiwa Raga,, Jl Ahmad Yani, Kota Watampone, Jumat, (22/10/ 2021.)

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bone Dr. H. Wahyuddin Hakim, M.Hum, Ketua MUI Prof. Dr. H. Amir HM, MAg, Ketua FKUB Prof. Dr. H. Syarifuddin Latif, MHi, Wakil Rektor IAIN Bone Dr. Abdulhanaa MAg, Ketua Baznas Bone Drs. H. Zainal Abidin, Para Kepala Seksi, Kepala KUA, Kepala Madrasah dan para santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Bone.

Wakil Bupati Bone Drs. H. Ambo Dalle, MM dalam sambutan seragam Menteri Agama RI mengatakan Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri.

Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan lndonesia.

Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

“Sejak ditetapkan pada tahun 2015, setiap tahun kita rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda,” katanya.

Lebih lanjut Wabup dalam sambutanya untuk peringatan Hari Santri Tahun 2021 ini mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga.

Maksud tema Santri Siaga Jiwa Raga adalah bentuk pernyataan sikap santri lndonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air, mempertahankan persatuan lndonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan SK Ijin Operasional Pesantren (IJOP), Penyerahan Dana Pesantren dan Penampilan Pencak silat oleh pondok pesantren Darul Huffadh.

Wabup juga salut dan bangga kepada para santri yang ikut berkontribusi untuk bersedia ikut vaksin yang saat ini sedang diprogramkan oleh Pemerintah, yang mengetahui bagaimana menghadapi pandemi covid 19
(A.Ida)

News Feed