oleh

Untuk Pembangunan Museum PETA, SMP Negeri 05 Kota Blitar, Akan Direlokasi

Blitar, infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Blitar, berencana merelokasi SMP Negeri 05, Kelurahan/Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, ke bekas gedung SMP Negeri 10 di Kelurahan Tlumpu, Kecamatan Sukorejo. Kota Blitar.

Relokasi SMP Negeri 05 ke bekas gedung SMP Negeri 10 ditargetkan dapat terealisasi pada tahun 2022.

Saat ini Dinas Pendidikan Kota Blitar sedang menyusun rencana anggaran beaya untuk merelokasi SMP Negeri 05 ke bekas gedung SMP Negeti 10 terssbut.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Syamsul Hadi, mengatakan, relokasi SMP Negeri 05 untuk persiapan rencana pembangunan Museum PETA Soeprijadi.

“Ada tiga sekolah yang berada di kompleks Monumen PETA Sudancho Soeprijadi, yakni, SMP Negeri 03, SMP Negeti 05, dan SMP Negeri 06 akan direlokasi untuk pembangunan Museum PETA Soeprijadi,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar, Syamsul Hadi, Sabtu 23-10-2021.

Menurut Syamsul, pihaknya sudah merelokasi SMP Negeri 03 ke gedung baru di Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul.

Saat ini masih ada dua sekolah, yaitu SMP Negeri 05 dan SMP Negeri 06 yang masih berada di kompleks Monumen PETA.

“Relokasi akan dikerjakan secara bertahap. Untuk SMP.Negeri 03 sudah dipindah ke gedung baru di Kelurahan Tanggung pada tahun ini, tahun depan, giliran SMP Negeri 05 dan selanjutnya SMP Negeri 06,” jlentrehnya.

Lebih dalam Syamsul nenuturkan, jika tempat relokasi SMP Negeri 05 sudah disiapkan di bekas gedung SMP Negeri 10, di Kelurahan Tumpu, Kecamatan Sukorejo.

Sedangkan kondisi bangunan bekas gedung SMP Negeri 10 masih bagus cuma sudah lama tidak terpakai.

Makanya pihaknya perlu ada perbaikan sejumlah fasilitas dan peremajaan di beberapa bangunan.

“Kami masih menyusun rencana anggaran untuk perbaikan bangunan di bekas gedung SMP Negeri 10. Kami targetkan relokasi SMP Negeri 05 ke bekas gedung SMP Negeri 10 terealisasi pada tahun depan,” terangnya.

Masih menurut Syamsul, sedangkan untuk relokasi SMP Negeri 06, masih menunggu perencanaan selanjutnya. Karena saat ini pihaknya masih fokus dengan persiapan relokasi SMP Negeri 05.

“Setelah relokasi SMP Negeri 05 selesai, kami baru merencanakan pemindahan SMP Negeri 06,” pungkasnya. (Eko.B).