oleh

Pimpin Upacara Hari Santri, Ini Harapan Bupati Pessel Hadir di Ponpes Sabilul Jannah Timbulun

Pesisir Selatan, Infobanua.co.id – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengungkapkan, kehadiran pesantren sebagai lembaga pendidikan sangat penting dalam pengembangan karakter generasi bangsa.

“Tentunya, ini perlu kita dukung dan kita suport,” ungkap Rusma Yul Anwar dalam menghadiri peringatan hari santri di Ponpes Sabilul Jannah Timbulun Sutera, Sabtu 23 Oktober 2021.

Menurut Bupati Rusma, ini merupakan pertama. Tentunya, dengan suasana yang berbeda yang penuh dengan nuansa keagamaan.

“Rasanya sangat sejuk hadir di lingkungan pesantren. Apalagi, melihat santri-santri sopan dan cerdas-cerdas,” terangnya.

Melalui tema Hari Santri Nasional tahun 2021 “Bertumbuh, Berdaya, Berkarya”, diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan bakat dan kompetensi para santri dan santriwati agar para santri bisa memiliki peran mengisi pembangunan daerah di segala sektor.

“Saya sangat bersyukur, hari ini dapat bersilaturrahmi dan berada bersama ulama, tuan guru, para santri dan keluarga besar pondok pesantren dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021 yang pada tahun ini mengusung tema Bertumbuh, Berdaya, Berkarya,”ungkapnya.

Kesempatan itu, Bupati Rusma juga membacakan pidato Menang RI yang sekaligus menjadi inspektur upacara.

Dalam pidatonya, disebutkan, bahwa di momen hari santri ini, santri dapat kado istimewa dari Presiden yaitu dengan adanya Perpres Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Pesantren yang mengatur tentang Dana Abadi Pesantren.

“Ini tentu sebuah kabar gembira dan Pemerintah Daerah siap untuk ini. Dan ini termasuk program prioritas kita dan sejalan dengan visi-misi daerah,” terangnya.

Selain apresiasi tentang santri, kesempatan itu, Bupati Pessel juga mengapresiasi Ponpes di Pesisir Selatan dalam mendukung program vaksin pemerintah.

Kesempatan itu, Bupati Rusma Yul Anwar juga langsung membuka gerai vaksin di Ponpes Sabilul Jannah. Selain itu, juga mendeklarasikan komitmen bersama stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

“Khusus vaksin ini, kita harap ini semua menjadi contoh bagi masyarakat luas. Karena sangat ini perlu kesadaran bersama, seperti dicontohkan Sabilul Jannah,” tutupnya.

Sementara itu terkait vaksin, Pimpinan Ponpes Sabilul Jannah, Dalisman mengakui, sangat mendukung penuh upaya pemerintah dalam mempercepat vaksinasi.

“Ini sudah yang ketiga kali. Alhamdulillah siswa dan masyarakat cukup antusias,” tutupnya.

Dalam peringatan hari santri ini, Bupati Pessel langsung diminta menjadi inspektur upacara. Hadir, pimpinan Ponpes Sabilul Jannah, Dalisman. Forkopimca, Kabag Kesra Pessel, Yolly Aang Sofria dan Wali Nagari se Sutera. Hadir juga Kabag Binkar Ro SDM Polda Sumbar, AKBP. Cepi Noval mantan Kapolres Pessel. (Robi)

News Feed