Categories: KALTARA

Hasil Seleksi P3k Sebanyak 461 Orang Yang Lolos 88 Orang Sementara 373 Peserta Tereleminasi Yang Belum Beruntung Masih Ada Tahap Kedua.

Menurut Ridwan As.S.Sos Selaku ketua Panitia penyelenggara sekaligus Kabid Pembinaan dan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menjelaskan secara detail kepada Wartawan.

Menurut Ridwan.AS.S.Sos Ketua Panitia seleksi P3K tahun 2021, Bahwa Untuk Pelaksanaan seleksi tahap pertama untuk P3K guru jabatan fungsional bahwa di kabupaten Nunukan ini pelaksanaannya itu adalah di SMK Negeri 01 Nunukan.

Mengapa pelaksanaannya di SMK dan pertimbangannya Karena kita mengikuti arahan dari dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara selaku direksi sektor pelaksana kegiatan seleksi P3K tahun 2021.

Dari jumlah peserta untuk tingkat kabupaten Nunukan dari jenjang TK SD dan SMP itu pesertanya berjumlah 461 orang dengan rincian yang SD itu sebanyak 293 orang peserta.

Sementara untuk Tingkat SMP itu ada sebanyak 168 peserta dan untuk TK, dan TK pembina itu ada formasi 2 ,1 di Nunukan dan 1 nya di Sebatik.

Untuk yang lulus di tahap pertama ini SD berjumlah Sebanyak 62 orang, kemudian SMP yang lulus itu berjumlah 28 orang, jadi total yang lulus tahap 1 untuk seleksi P3K tahun 2021 ini ada berjumlah 88 orang.

Kemudian yang tidak lulus jenjang SD itu 231 orang kemudian yang SMP 142 orang jadi total yang tidak lulus tahap 1 ini 373 orang sehingga klop ya 88 orang yang lulus dan Sementara yang tidak lulus itu sebanyak 373 orang jadi total keseluruhan sebanyak 461 peserta.

Jadi sesuai ketentuan bahwa untuk seleksi P3K tahun 2021 ini ada 3 (tiga) Tahapan jadi untuk kabupaten Nunukan kita menyediakan informasi sebanyak 475 (Empat Ratus Tuju Pulu Lima) formasi, kalau kita lihat di tahap 1 ini baru 88 yang terisi berarti masih banyak lagi formasi yang belum terisi maka dilanjutkan Tahap berikutnya yakni tahap kedua.

Seleksi tahap kedua Nanti insya Allah dilaksanakan tanggal 26 Oktober ini untuk pelaksanaan seleksi tahap kedua bagi yang tidak lulus khususnya yang jumlah 373 orang ini bisa mengikuti untuk tahap kedua.Ujar Ridwan

Karena masih ada tersedia formasi di tahap kedua ini peserta yang tidak ada formasi di sekolahnya kan boleh mengambil di formasi sekolah lain yang tersedia untuk tahap kedua.

Memang di tahap 1 (Satu) kemarin ada ketentuan bahwa sekolah yang ada formasinya dan disitu ada guru honornya maka dia tidak boleh keluar mengambil formasi di luar sekolahnya itu ketentuannya memang ada beberapa yang lulus di situ keterangannya, P1 ada P2 ada keterangan XY nilai mereka itu sebenarnya cukup hanya saja karena kesalahan maka tidak diluluskan.

Kita juga uda melihat secara internet bahwa mereka – Mereka ini yang P1 P2 dan lainnya itu ada kemungkinan peluang besar untuk bisa lulus seleksi di tahap kedua, tetapi harus kembali mengambil informasi yang diambil kemarin itu ketentuannya jadi bagi peserta yang tidak lulus di tahap 1 dia tinggal membuka link dari Kemendikbud itu mengklik di mana formasi yang diambil yang masih kosong jadi kalau nanti di tahap kedua ini masih ada tersisa lagi formasi belum terisi maka nanti yang tidak lulus boleh lagi ikut seleksi di tahap ketiga.

Tapi jika tidak lolos lagi maka apa boleh buat tidak ada lagi tahap ke empat atau tahap berikutnya terpaksa menjadi Honorer seumur hidup.

Menurut Ridwan.As.S.Sos ketua panitia Pelaksana bahwa kalau kita mengacu pada ketentuan yang mengikuti P3K ini kalau kita lihat bisa dikatakan 90% guru honorer yang ada di sekolah negeri kita ini rata-rata usianya di atas 35 tahun, kita tahu bahwa ketentuan
untuk CPNS batas maksimal usia adalah 35 tahun.

Jadi kalaupun mereka lulus P3K ini karena usia mereka sudah 37-38 tidak bisa ikut CPNS mendatang manakalah ada Formasi CPNS umurnya uda lanjud tidak bisa lagi ikut CPNS.

Kalau mereka lulus P3K ini usianya masih 30 tahun atau 27 tahun boleh saja mereka nanti ikut CPNS karena syarat untuk CPNS itu kan maksimal usia 35 tahun.

Jadi kita mengacu kepada ketentuan yang ada, jadi yang untuk usia masih dibawah 35 tahun yang lolos P3K bisa ikut tes cpns dengan mengikuti terlebih dahulu tes tersebut lalu mengundurkan diri dari P3K, P3K ini kan kontrak selama 5 tahun dan setiap tahun diperpanjang.

Lanjud Ridwan Kabid Ketenagaan dan Pembinaan Disdikbud Nunukan bahwa setelah selesai tahap 1 tahap 2 dan tahap 3 serta massa sangganya juga selesai diumumkan yang sudah lulus final baru nanti yang tahap 1 tahap 2 dan tahap 3 tadi melakukan pemberkasan ulang ke BKPSDM nanti akan diberitahukan oleh BKP SDM bawa pemberkasan dimulai tanggal berapa dan bulan berapa.

Kenapa untuk pemberkasan karena kita mau minta data-data mereka untuk bakal diusulkan NIP-nya ke BKN oleh BKP SDM kabupaten Nunukan, kalau ke dinas pendidikan hanya sebagai pelaksana qujian saja kalau untuk pengajuan kepegawaian oleh BKP SDM kabupaten Nunukan jadi mereka itu harus menunggu.

Dan memang salah satu penyedia formasi ini untuk memenuhi kebutuhan guru kita yang masih kurang banyak untuk kita di Nunukan ada sekitar 600-an lebih formasi itu sebenarnya hanya saja kita bertahap, kedua kita juga memikirkan anggaran yang ada.

Jadi P3K ini memang salah satu yang bisa menutupi kekurangan kebutuhan guru, kedua mengakomodir guru-guru yang honor yang sudah lama kasihan mereka ini kan pengabdian sudah diatas 20 tahun ada yang 30 tahun bahkan usia mereka sejak mereka honor sekarang itu ada 50 tahun karena pengabdian saja.

Kalau kita lihat dari gaji mereka sangat minim sekali ada yang 200 ada yang 150 apalagi di daerah pedalaman yang siswanya itu sangat sedikit ya tentu kan dia mengacu kepada besaran berapa dana BOS yang mereka terima dari situ ketentuannya 15% dari dana BOS itu untuk dibayar bagi guru honor maupun tenaga kependidikan nya. Ujar Ridwan mengakhirinya. (Yuspal)

admin

Recent Posts

Bank Kalsel Serahkan 3 Printer Qris ke Samsat Banjarbaru

Banjarbaru, infobanua.co.id - Bank Kalsel menyerahkan 3 unit printer Qris pencetakan pembayaran pajak kepada UPPD…

11 jam ago

Bank Kalsel Salurkan Bantuan Masjid Muhammadiyah Sungai Mia Banjarmasin

Banjarmasin, infobanua.co.id – Kepedulian Bank Kalsel dalam membantu berbagai kegiatan sosial di Banua, baik itu…

11 jam ago

Pemkab Pessel Siapkan 221 Ton Beras Bagi Masyarakat Terdampak Banjir dan Longsor

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar)…

12 jam ago

Bupati Pessel Berbuka Puasa Bersama Warga di Nagari Gurun Panjang

Pesisir Selatan, infobanua.co.id – Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar lakukan kegiatan buka…

12 jam ago

Prestasi Gemilang, Bank Kalsel Raih Penghargaanpada Ajang 5 th Top Digital Corporate Brand Award2024

Banjarmasin, 28 Maret 2024 - Bank Kalsel kembali menorehkan prestasi. Kali ini, BankKalsel menerima penghargaan…

13 jam ago

Bank Kalsel Serahkan 3 Gerobak Baru Untuk UMKM, Dalam Semarak HUT ke-60

BANJARMASIN, 28 Maret 2024 – Dalam perayaan HUT Bank Kalsel ke-60 dengan tema SEMARAK (Selalu…

13 jam ago