oleh

Sahbirin Noor Terpilih Ketua KORMI Kalsel Pada Musprovlub

* Batola Ikutkan Utusan di Musprovlub

Marabahan, infobanua.co.id – H Sahbirin Noor terpilih sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) masa bhakti 2018 – 2023, Minggu (14/11/2021).

Pada Musprovlub yang berlangsung di gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin ini pria yang menjabat Gubernur Kalsel ini terpilih secara aklamasi dengan mengantongi 22 suara dari 23 suara, minus Kabupaten Tanah Bumbu yang berhalangan hadir. Daerah dan perwakilan yang memberikan hak suara kepada pria yang akrap disapa Paman Birin ini masing-masing dari KORMI Kalsel 1 suara, KORMI kabupaten/kota 12 suara, dan 8 suara berasal dari induk organisasi olahraga masyarakat dan rekreasi di bawah KORMI.

Sementara bagi Kabupaten Barito Kuala (Batola) sendiri dalam Musprovlub KORMI ini telah mengikutkan beberapa utusan termasuk Wakil Ketua II HM Hazrul Aswad SAP dan Sekretaris H Arif Wisuda Wardana SSTP, MM. Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman didampingi Sekjennya Djainal Abidin Simanjuntak, yang turut menghadiri pelaksanaan Musprovlub mengucapkan selamat atas terpilihnya Paman Birin secara demokratis dan aklamasi sebagai ketua KORMI Kalsel.

Hayono menyatakan, dengan terpilihnya Paman Birin yang notabene sebagai gubernur merupakan pertamakalinya terjadi di Indonesia. Ia berharap dengan dipimpin seorang gubernur mampu membawa KORMI Kalsel lebih maju.Pria yang pernah menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga 1993-1998 ini mengutarakan, untuk memajukan KORMI salah satunya berada pada kabupaten/kota sebagai ujung tombak.

Pun begitu, lanjut pria yang juga pernah menjabat anggota DPR periode 1987-1992 dan 1992-1997 ini, KORMI merupakan wadah induk organisasi (indor) beberapa jenis olahraga masyarakat dan rekreasi seperti ASKI, ASIFI, FORBI, KOSKI, FAI, ABI, dan lainnya. “Jadi yang punya olahraga bukanlah KORMI namun indor lah yang memiliki. KORMI hanyalah wadah mempersatukan indor-indor untuk memajukan olahraga masyarakat dan memasyarakatkan olahraga,” paparnya.

Politisi senior yang juga aktif di organisasi kemasyarakatan dan lembaga eksekutif ini mengutarakan, olahraga masyarakat yang perlu menjadi perhatian harus mengandung 5M yaitu meriah, murah, massal, menarik, dan manfaat. Sementara itu, dari informasi diperoleh, usai terpilihnya Paman Birin, pihak KORMI Provinsi Kalsel merencanakan akan melaksanakan pelantikan, Senin (23/11/2021) depan, dengan mengambil lokasi di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Nang/IB

News Feed