oleh

Mempetingati Hari Guru, Bupati Blitar, Launching Guru Digital

Blitar, Infobanua.co.id- Dalam menyambut Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang ke 76, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar, melaksanakan peringatan HUT PGRI di Pendopo Agung Ronggo Hadi Negoro, jalan Semeru, Kota Blitar, Kamis 25-11-2021.

Dengan mengambil tema Bangkit Guruku Maju Negeriku Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Dalam sambutannya Bupati Blitar, Rini Syarifah, mengatakan, para pendidik di Kabupaten Blitar harus bersemangat dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Blitar dan menumbuhkan generasi yang cerdas.

“Tahun ini merupakan tahun kedua di masa pandemi covid 19. Tapi kami yakin, semangat para Bapak/Ibu Guru dalam memberikan mata pelajaran baik secara daring maupun tatap muka yang terbatas tidak menyurutkan semangatnya. Karena semua untuk berbagi ilmu dengan para anak didik.” kata Bupati Blitar, Rini Syarifah.

Menurut Rini Syarifah, yang akrab dipanggil Mak Rini, menuturkan, para Guru mengemban amanah yang harus ditunaikan, yaitu mencerdaskan kehidupan Bangsa. Mengingat karena kunci kemajuan bangsa ada pada kualitas manusianya.

“Pendidikan memang harus menjadi sebuah proses pembelajaran yang menyenangkan walau penuh tantangan,” jlenyrehnya.

Lebih dalam Mak Rini menerangkan, seperti saat ini di masa pandemi covid-19, berbagai bidang terkena dampaknya termasuk bidang pendidikan.

Semua guru harus akrab dengan komunikasi digital, supaya materi belajar mengajar tetap tersampaikan.

“Perlu inovasi agar anak didik tidak jenuh. Ketika belajar tatap muka mulai diterapkan dengan pembatasan, para Guru mempunyai tugas tambahan, yaitu memastikan para anak didik taat pada protokol kesehatan, memastikan semua berjalan dengan baik, lancar, aman dan tidak terjadi kluster baru di sekolah.” paparnya.

Selanjutnya Mak Rini berpesan, agar semua Guru mengutamakan keselamatan dan kesehatan anak didik, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi prioritas utama.

Dengan kembali dibukanya sekolah diharapkan dapat menekan angka learning loss dan meminimalisir terjadinya lost generation pada anak didik.

“Kami mengajak seluruh Guru di Kabupaten Blitar ubtuk menjadi pembelajar sejati, sehingga kehadiran Guru tetap relevan sepanjang waktu termasuk ketika kita memasuki era super smart society, karena banyak tantangan dan perubahan yang harus dilakukan di era society 5.0 ini, termasuk yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan sebagai garda terdepan dalam mempersiapkan SDM yang unggul.” ungkapnya.

Di akhir acara, Bupati Blitar, Mak Rini, melaunching Guru Digital.

Program Guru Digital tersebut semacam aplikasi yang dimiliki oleh para Guru, yang berisi fitur-fitur mata pelajaran yang diperlukan.

Mulai dari mata pelajaran TK, SD, hingga SMP yang membuat siswa lebih mudah dalam mengakses pelajaran.

“Dengan hari Guru ini, kami berharap para Guru tambah maju, tambah integritas, karena Pembelajaran Tatap Muka sangat terbatas, sehingga dengan Program Guru Digital lebih memudahkan para siswa untuk menerima pelajaran.”pungkasnya. (Eko.B)

News Feed