infobanua.co.id
Beranda Blitar Pemkot Blitar, Telusuri Sembilan ASN Yang Ditemukan BPK Menerima Bansos

Pemkot Blitar, Telusuri Sembilan ASN Yang Ditemukan BPK Menerima Bansos

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, menginformasikan jika berdasarkan hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), ditemukan ada sembilan orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Blitar masuk data penerima Bantuan Sosial (Bansos) dari Pemerintah.

“Data itu berdasarkan temuan BPK saat melakukan sampling penelitian DTKS penerima Bansos di Jawa Timur (Jatim), termasuk di Kota Blitar,” kata Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Blitar, Priyo Istanto, Jum’at 26-11-2021.

Menurut Priyo, dalam penelitian tersebut, BPK menyandingkan data penerima Bansos di Kota Blitar yang masuk DTKS dengan database kependudukan.

“Hasilnya, ditemukan sembilan orang ASN di Kota Blitar yang masuk data penerima Bansos dari Pemerintah,” jlentrehnya.

Lebih dalam Priyo menuturkan, dari sembilan orang ASN yang masuk data penerima Bansos tersebut, sebanyak dua orang ASN menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan empat orang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST).

Kemudian tiga orang lainnya tidak menerima Bansos tetapi masuk di DTKS.

“Sembilan orang ASN itu sudah kami klarifikasi dan sudah menandatangani surat pernyataan. Sekarang masih proses dikeluarkan dari DTKS,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang menjadi sumber data penerima Bantuan Sosial (Bansos).

Dalam proses verifikasi tersebut, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, telah menemukan ada 31.624 Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 34 provinsi yang menerima Bansos dari Pemerintah.

Rincian dari jumlah tersebut, ada 28.965 ASN aktif, sisanya diperkirakan merupakan purna tugas atau pensiunan. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan