oleh

Pecatur Cilik Asal HSU Raih Juara I Kelompok Junior Puteri D Tingkat Nasional

Amuntai, infobanua.co.id – Pecatur cilik asal Kabupaten HSU Nishfa Dayyana Rahmah duta Kalimantan Selatan, berhasil raih juara I nasional kelompok junior puteri D pada kejurnas catur junior tingkat Nasional yang diselenggarakan tanggal 18 s/d 26 November 2021 di Hotel Bahamas Tanjung Pandan, Provinsi Bangka Belitung.

 

Disamping sabet Juara I Nishfa juga di anugerahi Gelar Master karena berhasil meraih gelar juara ditingkat Nasional pada even resmi seperti Kejurnas.

 

Kesuksesan Nishfa meraih gelar juara, tidak lain karena kerja kerasnya dalam mengalahkan lawan-lawannya, bahkan di babak kelima (5) Nishfa berhasil mengalahkan Juara Nasional Tahun sebelumnya MNW, Safira Deve Herfisa (DIY) yang bahkan baru saja menjuaraai kejuaraan Asean.

 

“Selaku orang tua saya sangat bangga karena Nishfa telah berhasil mengukir sejarah bahwa Kabupaten Hulu Sungai Utara atau pecatur Junior Putri yang masih muda telah berhasil meraih gelar sebagai juara 1 tingkat nasional dikelompok umur 12 – 13 tahun  ke bawah, ia juga merupakan pecatur cilik Putri yang dapat meraih gelar master dan ini merupakan sejarah di Kabupaten Hulu Sungai Utara juga Kalimantan Selatan,” terang Ahmad Raihan Hasa, pelatih sekaligus orang tua dari Nishfa saat dikonfirmasi, Kamis (25/11/2021) sore.

 

Sementara, dikesempatan yang sama Nishfa mengaku senang dapat meraih Juara I ditingkat Nasional, bahkan sekaligus di Anugerahi gelar MPW ( Master Percasi Wanita )

 

“Saya akui, lawan yang saya hadapi sangat berat dan bahkan sering juga menjadi juara ditingkat nasional bahkan internasional, seperti MNW. Safira” terang Nishfa.

 

Lebih lanjut, Nishfa mengucapkan terima kepada semua pihak yang telah mendukung dan memberikan motivasi kepada dirinya, terutama Pemerintah daerah, KONI HSU dan pihak MTsN 2 Hulu Sungai Utara.

 

” Kepada semua pihak saya ucapkan terima kasih atas dukungannya, terkhusus kepada orang tua saya yang sekaligus sebagai pelatih dan lawan saya dalam bermain dan menekuni olahraga catur, ” ucap Nishfa sambil menyeka air matanya.

 

Menurut Nishfa, selama ini dirinya dilatih dan digembleng dengan keras oleh orang tuanya Master Nasional Ahmad Raihan Hasa, yang sudah menyandang gelar Pelatih Internasional yaitu Fide Instuktur (FI).

 

” Ayah sangat keras melatih saya dalam hal Opening dan penyelesaian babak akhir, ” Tukas Nishfa.

 

Sebelumnya puteri ke 3 dari Master Nasional andalan Hulu Sungai Utara ini, Nishfa sempat memimpin sampai babak ke 7 dari sembilan babak yang dimainkan.

 

Namun sempat juga mengalami kekalahan di babak ke 8, akan tetapi berkat semangat dan bimbingan yang selalu diberikan oleh orang tua selaku pelatih walaupun hanya melalui Video Call, Nishfa bangkit kembali dan berhasil meraih kemenangan di babak ke-9 atau penentuan terakhir sehingga dinobatkan menjadi juara usai berhasil mengalahkan pecatur Celemntia Adeline dari DKI Jakarta.

 

Diketahui, dalam Kejurnas Catur junior tersebut ada 4 orang pecatur Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dipanggil oleh Pengprov Percasi  Kalimantan Selatan untuk mengikuti kegiatan tersebut yaitu Daru Akta Buana, Helma Ginaya, M Rizki P Nugraha dan Nishfa Dayyana Rahmah.

 

Disamping Nishfa Dayyana Rahmah yang meraih juara 1, Helma Ginaya yang juga merupakan kakak kandung Nishfa berhasil masuk dalam kategori 10 besar sebagai juara ke-6, Daru Akta Buana juga berhasil masuk rangkin ke-7 dan Muhammad Rizky Nugraha di berada di peringkat ke-9.

Fai/IB

News Feed