infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Peringati HKN, Momentum Percepatan Vaksinasi Covid-19 dan Penanganan Pandemi

Peringati HKN, Momentum Percepatan Vaksinasi Covid-19 dan Penanganan Pandemi

Amuntai, infobanua.co.id – Dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57, Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Husari Abdi terus mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 guna memutus mata rantai pandemi di daerah ini.

“Hendaknya momentum ini (HKN) juga dapat kita jadikan untuk mendorong kita semua dalam upaya peningkatan kesehatan promotif dan preventif sehingga seluruh komponen masyarakat dapat kembali produktif di era kebiasaan baru.” ucap Husairi saat menyampaikan sambutan pada peringatan HKN tingkat Kabupaten HSU, di Halaman Dinkes, Kamis (25/11/2021).

Husairi Abdi, yang juga Plt Bupati HSU baru ini, juga menghimbau agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terpapar Covid-19.

“Sekuat apapun upaya pemeirntah tidak akan cukup apabila tidak didukung oleh masyarakat dengan mamatuhi protokol kesehatan.” ujarnya.

Ia mengingatkan kepada seluruh jajaran kesehatan yang melaksanakan berbagai kegiatan pada rangkaian peringatan HKN tahun ini, agar memperkuat penerapan strategi penanganan Covid-19, sebagai wujud dan tekad bersama masyarakat untuk sehat.

“Terimakasih kepada segenap jajaran kesehatan dan seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu-membahu berjuang disemua lini dalam melaksanakan pembangunan kesehatan sebagai perjuangan untuk selamatkan masyarakat dan bangsa dari pandemi Covid-19.” imbuhnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan HSU, Danu F Fotohena, menyebutkan berdasarkan data kasus harian positif Covid-19 di HSU beberapa minggu terakhir, sudah mencapai nol kasus dengan tingkat kesembuhan hampir 96 persen.

Hal itu semua tidak tercapai tanpa adanya dukungan seluruh insan kesehatan dan semua pihak, Plt Kadinkes Danu meyakini meskipun angka Covid-19 di HSU mulai menurun percepatan vaksinasi di masyarakat terus dilakukan.

Danu, menjelaskan terget 176.233 penduduk di HSU harus mendapatkan vaksinasi Covid-19 secapat mungkin, bahkan target nasional 70 persen diakhir tahun 2021 ini masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi.

“Cakupan vaksinasi kita (HSU) sampai saat ini mencapai 38 persen, itu belum terhitung data kemarin mungkin 39 persen. itu tinggal 1 persen saja lagi untuk mencapai level 2 PPKM, sementra saat ini kita masih di level 3.” jelas Danu.

Danu berharap di akhir November capaian vaksinasi di HSU sudah mencapai diatas 40 persen dengan tentunya dukungan dari semua pihak dari pemerintah daerah dan masyarakat HSU.

“Pada akhir desember 2021 kita mampu mencapai (vaksinasi) diatas 60 persen, ini merupakan target kita.” tutupnya.

Bagikan:

Iklan