oleh

Kesbangpol Paser Kukuhkan FKDM Kecamatan Batu Sopang

Infobanua.co.id Tana Paser – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Paser Nonding mewakili bupati paser mengukuhkan pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kecamatan Batu Sopang periode 2021 – 2025.

Acara pengukuhan dilaksanakan di aula Kantor Camat Batu Sopang, Selasa 30/11/2021.
Hadir dalam pengukuhan tersebut, Camat Batu Sopang Misran, Danramil Batu Sopang Kapt.Suparman dan pejabat Polsek Batu Sopang.

Kepala Badan Kesbangpol Nonding meminta FKDM dijadikan wadah bagi elemen masyarakat dalam rangka memelihara, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Tugasnya adalah menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data serta informasi masyarakat mengenai potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan serta memberikan laporan kepada pimpinan daerah,” ungkapnya.
Sehingga kata Nonding, pimpinan daerah mempunyai informasi yang cukup di dalam mengambil suatu keputusan atau kebijakan dalam rangka meredam potensi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang mungkin terjadi di daerah, termasuk soal ancaman bencana.

Selain itu FKDM juga mempunyai tugas untuk menyelesaikan masalah ataupun konflik sosial yang terjadi di wilayah kecamatan. Nonding berharap masalah ataupun konflik sosial yang terjadi di masyarakat bisa diselesaikan di tingkat kecamatan. Dengan demikian tidak semua masalah dibawa ke tingkat kabupaten.

Hanya masalah yang tidak bisa diselesaikan di tingkat kecamatan akan dibawa ke tingkat kabupaten.

”Saya tau saudara-saudara adalah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan perwakilan dari berbagai paguyuban, organisasi yang ada di kecamatan Batu Sopang. Oleh karena itu saya yakin dan percaya Saudara mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat,” tandasnya.

Setelah selesai acara pengukuhan dilanjutkan dengan acara sosialisasi tentang peran FKDM dalam deteksi dini terhadap ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan keamanan masyarakat.

Sebagai narasumber adalah 2 orang pengurus FKDM Kabupaten, Danramil Kecamatan Batu Sopang dan Kapolsek Batu Sopang.

Sementara itu Kabid Kewaspadaan Nasional Yusdar Yoheri mengatakan bahwa pengukuhan dan sosialisasi FKDM ini dilakukan di empat kecamatan. “Sudah dilakukan di dua kecamatan yakni kecamatan Long Kali dan Batu Sopang. Kemudian akan dilanjutkan di kecamatan lainnya yakni kecamatan Long Ikis dan Muara Samu,” jelas Yusdar.**Utuh Mahni.

News Feed