infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Raih WTP 6 Kali Berturut-turut Pemkab HSU Teken MoU Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Raih WTP 6 Kali Berturut-turut Pemkab HSU Teken MoU Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Amuntai, infobanua.co.id – Penandatanganan nota kesepakatan antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara serta penyerahan plakat dan piagam penghargaan WTP tahun 2020 kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara, Rabu (1/12) di Aula Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan Sulaimansyah, S.E dalam sambutannya mengatakan ada 2 agenda dalam pertemuan ini yang pertama penyerahan piagam WTP yang mana diserahkan oleh Kementerian Keuangan RI kepada Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara yang telah berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian, bahkan terhitung kali ini sudah 6 kali berturut-turut.

Sulaiman mengharapkan dengan adanya penghargaan ini tidak hanya menjadi semangat untuk mempertahankan prestasi tapi juga feedback dari kebijakan keuangan daerah bisa betul-betul dirasakan manfaatnya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Agenda kedua yakni penandatanganan nota kesepakatan antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalsel dengan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam rangka meningkatkan sinergi pengelolaan fiskal dan perekonomian yang kuat untuk kesejahteraan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sinergi yang terjalin selama ini antara Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, baik menyangkut APBD maupun APBN bagaimana progres dan realisasinya, sehingga penyerapan anggaran menjadi lebih baik

Menteri Keuangan RI meminta sinergi ini lebih ditingkatkan lagi dengan mengembangkan beberapa aspek diantaranya melakukan kajian dampak perekonomian terhadap fiskal di daerah dan sebaliknya melakukan analisis dan evaluasi penyerapan belanja APBD dan APBDes, mendampingi Pemda dalam menghubungkan berbagai kebijakan fiskal pusat dengan kebijakan fiskal daerah, serta pembinaan kualitas pengelolaan keuangan daerah.

Terhitung sampai tanggal 30 November 2021, total realisasi penyaluran Dana DAK Fisik Kabupaten HSU sebesar 53% dari pagu sebesar Rp. 86 Milyar sedangkan total realisasi penyaluran Dana Desa Kabupaten HSU sebesar Rp.172,1 Milyar atau 99,85% dari pagu sebesar Rp.172,3 Milyar.

“Pemerintah Pusat sudah menyediakan anggaran maka sangat disayangkan bila tidak dioptimalkan” ungkap Sulaiman

Sulaiman juga menambahkan nantinya Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan akan melakukan kerjasama dengan Pemda untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di HSU, dalam hal ini Disperindagkop dan UKM HSU melalui peningkatan akses pembiayaan UMKM melalui Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan bagian dari penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional, yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19,

“Jadi KUR yang bunganya semula 6% akan kami subsidi bunga sebesar 3%” terangnya.

Lanjutnya lagi Selain itu juga ada Program Pembiayaan Ultra Mikro (UMI) yang bertujuan menyediakan pembiayaan yang mudah dan cepat untuk usaha mikro yang tidak difasilitasi oleh KUR. Jadi kita bisa bantu UMKM dengan Pembiayaan Ultra Mikro melalui Disperindagkop dan UKM HSU

Plt. Bupati HSU H. Husairi Abdi, Lc bersyukur melalui pertemuan ini selain mempererat tali silaturahmi kita juga dapat banyak informasi guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten HSU.

Husairi berterimakasih atau pembinaan dan koordinasi yang terjalin selama ini sehingga Kabupaten Hulu Sungai Utara bisa meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian hingga 6 kali berturut-turut.

Husairi juga mengucapkan terimakasih atas kerja keras jajaran BPKAD dalam mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya sebagaimana yang diminta oleh Kementerian Keuangan.

Fai/IB

Bagikan:

Iklan