infobanua.co.id
Beranda Blitar DPRD Minta Pengawasan Protkes Kawasan Wisata Kota Blitar, Diperketat Jelang Nataru

DPRD Minta Pengawasan Protkes Kawasan Wisata Kota Blitar, Diperketat Jelang Nataru

Blitar, Infobanua.co.id –Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Blitar, minta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar segera menyiapkan langkah-langkah untuk pengetatan dalam pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan (protkes) pencegahan Corona Virus Disease-2019 (covid-19) di destinasi kawasan wisata Kota Blitar menjelang hari libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Agus Zunaidi, mengatakan, pihaknya memperingatkan kepada seluruh komponen masyarakat hingga satuan tugas (satgas) penanggulangan covid-19 Kota Blitar, untuk aktif melakukan upaya pencegahan kluster baru penularan covid-19.

Tempat-tempat kawasan wisata saat hari libur Nataru berpotensi memunculkan kerumunan orang yang bisa menjadi kluster baru penularan covid-19 jika mengabaikan terhadap pelaksanaan protkes covid-19.

“Kita tidak boleh lengah, dengan situasi sekarang, sebab covid-19 masih ada,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Agus Zunaidi, Senin 06-12-2021.

Menurut Agus, Pemerintah memang harus hadir dan memastikan keamanan warganya.

Kemudian pihaknya juga mengingatkan agar warga masyarakat juga mentaati protokol kesehatan yang benar dan ketat, apalagi nanti saat libur Nataru.

“Meski saat ini Kota Blitar berada pada PPKM Level 1, tapi resiko penularan covid-19 tetap tidak boleh dijadikan kesempatan untuk lengah dalam menjalankan protkes,” jlentrehnya.

Lebih dalam Agus menuturkan, dengan dibukanya destinasi kawasan wisata memang menjadi salah satu alternatif Pemerintah Daerah untuk kembali memulihkan ekonomi.

Namun ini menjadi tidak adil, jika ditemukannya lagi kasus baru covid-19 dari kluster wisata karena lemahnya pengawasan penerapan protkes oleh Pemerintah Daerah sendiri.

“Seperti Pemerintah Daerah gencar melakukan operasi yustisi. Selama apa yang dilakukan untuk keamanan dan keselamatan warga masyarakat tidak masalah,” terangnya.

Sementara menanggapi persoalan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Blitar, Priyo Suhartono, memastikan jika Pemerintah Daerah bersama, TNI dan Polri siap mengamankan pelaksanaan Nataru dengan prinsip pengetatan pelaksanaan protokol kesehatan penanggulangan covid-19.

Pemkot Blitar, bersama jajaran TNI dan Polri telah gencar melakukan operasi yustisi pendisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan.

Ini dilakukan menyebar ke seluruh tempat atau pusat-pusat perbelanjaan, destinasi wisata hingga cafe-cafe yang tersebar di wilayah Kota Blitar.

“Kami berpesan agar semua warga masyarakat tetap disiplin untuk menjalankan protokol kesehatan yang benar dan ketat, agar kita semua segera terbebas dari pandami covid-19,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan