infobanua.co.id
Beranda TAPIN Tukang Bangunan Di Tapin Gabung Di Proyek Harus Kantongi Sertifikat Keahlian

Tukang Bangunan Di Tapin Gabung Di Proyek Harus Kantongi Sertifikat Keahlian

TAPIN, INFOBANUA.co.id – Tukang Bangunan Batu Bata yang tergabung dalam Pelaku Jasa Konstruksi di Kabupaten Tapin diharuskan memiliki sertifikat kompetensi kerja. Hal itu sesuai dengan amanat UU Nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi pada pasal 70 ayat 1 disebutkan setiap tenaga kerja yang bekerja di bidang jasa konstruksi wajib memiliki sertifikat kompetensi kerja.

Pemerintah Kabupaten Tapin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tapin membuka mata pelaku jasa bidang konstruksi sekaligus bentuk perhatiannya, mengingat betapa pentingnya penyelenggaraannya terutama dari sisi sumber daya manusia (SDM). Karena itu perlu ada tindakan nyata dalam mewujudkan peningkatan akses bagi masyarakat terhadap teknik dan jasa konstruksi yang lebih berkualitas.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapin, H.Yustan Azidin,St melalui Amin Tri Buntara, Plt.Pemberdayaan Peralatan Bidang Jasa Konstruksi Dinas PUPR Tapin, belum lama tadi.

Dinas PUPR Kalsel dan Dinas PUPR Tapin sudah menggelar pelatihan bagi para tukang batu bata di Tapin dan selanjutnya mereka diberikan sertifikasi keahlian.

Lanjut dikatakan Amin, tujuan kegiatan ini tak lain untuk membekali para tukang dalam aktifitas profesinya yang lebih kompeten, sehingga hasil kerja mereka jauh lebih bernilai sesuai harapan Kepala Dinas PUPR dalam mengwujudkan SDM Unggul.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini ada sekitar 50 orang tukang batu bata dan bangunan yang tergabung dalam jasa konstruksi di Kabupaten Tapin. Diharapkan kedepan berkat mereka mengikuti pelatihan dan sertifikat ini, hasil kerja mereka jauh lebih berkualitas dengan hasil konstruksi yang lebih baik, karena dikerjakan oleh tenaga ahli profesiona. Danl para tenaga kerja yang bersertifikasi ini bisa terserap dalam proyek infrastruktur khususnya di Kabupaten Tapin baik itu yang sumber anggarannya dari APBD Kabupaten maupun dari sumber anggaran lainnya.

“Jadi pelatihan ini sangat bagus dalam rangka meningkatkan kompetensi keahlian bagi tenaga kontruksi pasang batu bata khususnya di Tapin. Sehingga tidak ada lagi pekerjaan bangunan yang tidak sesuai, roboh, dan lainnya,”katanya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan