infobanua.co.id
Beranda HULU SUNGAI UTARA Daerah Rawan Banjir, BPBD HSU Bentuk Destana di Desa Kuangan

Daerah Rawan Banjir, BPBD HSU Bentuk Destana di Desa Kuangan

AMUNTAI – Guna mempercepat penanganan kesiapsiagaan bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Hulu Sungai Utara (HSU) membentuk Desa Tangguh Bencana (Destana) di Desa Kuangan, Kecamatan Amuntai Utara, Kamis (28/7/2022).

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala BPBD HSU, Kepala Bidang Penanganan Bencana BPBD, Kepala Desa Kuangan dan warga masyarakat setempat.

Kepala Pelaksanaan BPBD HSU, Sugeng Riyadi mengatakan pembentukan Destana ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan masyarakat desa untuk meminimalisir resiko bencana.

“Bencana (alam) tidak bisa kita hindari, tapi bisa berupaya menekan resiko itu (bencana) agar tidak berpengaruh kepada kehidupan warga desa kita.” ucap Sugeng.

Lebih lanjut, ia mengatakan saat ini pihaknya terus membentuk secara masif Destana di seluruh daerah di Kabupaten HSU. Hal itu mengingat hampir setiap tahunnya di Kabupaten HSU terjadi bencana banjir.

“kerena keterbatasan anggaran kami akan terus menyisir di setiap desa di Kabupaten HSU. Mudah–mudahan satu tahunnya bisa sampai 10 Destana di bentuk.” katanya.

Adapun dalam kegiatan pembentukan Destana ini, yaitu membentuk kelompok-kelompok relawan serta pemberian materi tentang pengkajian cepat dan tepat menangani bencana kebakaran, proses evakuasi, hingga perlindungan kelompok rentan.

Lanjut, kegiatan ini juga dilengkapi dengan simulasi dasar penggunaan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) kepada para relawan.

“Pelatihan menggunakan APAR ini paling dasar. Karena sekarang saat ini belum membudaya di rumah-rumah menggunakan APAR.” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kuangan, Zainal Hakim mengatakan dengan adanya Destana ini, diharapkan menjadi barisan terdepan apabila diwilayahnya terjadi bencana.

“Kami ucapkan terima kasih kepada BPBD HSU terpilih menjadi Destana, mudah-mudahan kedepannya kami akan membentuk satu tim relawan seandainya terjadi bencana bisa di manfaatkan semaksimal mungkin.” harapnya. fai

Bagikan:

Iklan