infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Barito Kuala Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama

Barito Kuala Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama

Noormiliyani Bertekad Naikan Predikat

 Marabahan, infobanua.co.id – Kabupaten Barito Kuala (Batola) meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Kategori Pratama. Penghargaan ini merupakan yang kedua kalinya setelah pada tahun 2021 penghargaan dan kategori yang sama juga diraih kabupaten berjuluk Bumi Ije Jela ini.

Anugerah penghargaan di bidang pembangunan berbasis anak ini diterima Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Gedung Kemen-PPPA Jalan Medan Merdeka Barat No.15, Jakarta Pusat, Selasa (02/08/2022).

Noormiliyani menerima penghargaan yang diserahkan Kementerian PPPA melalui Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Agustina Erni. Saat menerima penghargaan, bupati perempuan pertama di Kalsel ini didampingi Kepala DPPKBP3A yang juga Sekretaris Gustu KLA Batola Hj Harliani.

 

Bupati yang pernah menjabat Ketua DPRD Provinsi Kalsel ini mengaku bersyukur mampu meraih penghargaan KLA untuk yang kedua kalinya.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan,” ucapnya sembari berharap kerjasama yang dilakukan bisa lebih meningkat agar prestasi yang diraih juga dapat meningkat.

Meski menyatakan, bersyukur, namun bupati satu-satunya wanita di Kalsel ini bertekad untuk Batola Setara berupaya terus menaikan predikat penghargaan di bidang pemenuhan hak dan perlindungan anak ini.

Ia berkeinginan prestasi yang diraih Batola bisa meningkat dari pratama menjadi madya. Namun sesuai petunjuk dari Kemen-PPPA terdapat beberapa yang harus menjadi perhatian agar raihan nilai bisa terjangkau terutama terkait inovasi.

Salah satunya bentuk inovasi yang sangat signifikan dalam mendongkrak penilaian, sebutnya, seperti adanya desa percontohan pemenuhan hak wanita dan anak. Terlebih jika terdapat kades seorang perempuan.

Seperti diketahui, Kemen-PPPA kembali menganugerahkan Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 kepada 320 kabupaten/kota, yang terdiri dari 8 Utama, 66 Nindya, 117 Madya, dan 121 Pratama. Apresiasi juga diberikan kepada 8 provinsi yang telah melakukan upaya keras untuk mewujudkan Provinsi Layak Anak (Provila).

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, berharap penghargaan ini menjadi penyemangat daerah untuk lebih melindungi kelompok anak di daerah masing-masing.

Dengan capaian yang menggembirakan ini, apresiasi yang setinggi-tingginya serta selamat ia ucapkan kepada daerah yang menerima penghargaan di tahun 2022 atas segala upaya dan kerjasama yang telah diberikan.

“Semoga penghargaan ini tidak hanya dilihat sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai penyemangat untuk semakin maju dalam memenuhi hak dan melindungi anak di daerah masing-masing. Besar pula harapan saya bahwa daerah yang telah mendapatkan prestasi baik dapat menjadi inspirasi dan dapat membagikan praktik-praktik baiknya bagi daerah lain, sehingga kita dapat maju bersama sebagai satu Indonesia,” ujar Menteri PPPA.

Fad/IB

Bagikan:

Iklan