infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Paman Birin : Pasien Yang Sembuh Covid -19, Bisa Melakukan Test Jika Berkenan, Darahnya Kita Ambil Sebagai Plasma

Paman Birin : Pasien Yang Sembuh Covid -19, Bisa Melakukan Test Jika Berkenan, Darahnya Kita Ambil Sebagai Plasma

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor resmikan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) di RSUD Ulin Banjarmasin dan Plasma Konvalesen pada Selasa (8/9) siang.

Sahbirin Noor meminta terapi plasma konvalesen Rumah Sakit Daerah Umum Ulin dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kesembuhan pasien yang terpapar Covid 19.

“Penanganan Covid-19 secara teknis merupakan upaya yang terus kita lakukan khususnya Pemerintah didalam kita menghadapi pandemi yang melanda wilayah kita,” ujar Paman Birin, sapaan hangat Gubernur Kalsel.

Ia berharap masyarakat mau bergotong royong untuk terus waspada dan selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

“Sekarang dan kedepannya rajinlah mematuhi protokol kesehatan, seperti jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan,” kata Paman Birin.

Sedang Plt Diretur RSUD Ulin, Dr. Izaak Zoelkarnain Akbar mengatakan pembelian alat untuk mengambil plasma konvalesen merupakan arahan langsung dari gubernur. Karena metode ini bisa meningkatkan angka kesembuhan.

“Ini arahan langsung dari Gubernur melihat tingginya angka positif dan kematian karena Covid-19 di Kalimantan Selatan ini,” kata Dr Izaak.

Perlu diketahui bahwa, pasien yang sembuh covid – 19 bisa melakukan test jika berkenan, kalau test memenuhi syarat – darahnya kita ambil sebagai plasma. Dan hari ini ada satu pendonor yang diambil darahnya untuk dijadikan Plasma.

“Dan biasanya dari 10 pasien yang sudah sembuh itu hanya sekitar 20 – 30% saja pasien yang memenuhi syarat.,” ujar Dr. Izaak.

Karena syaratnya adalah antibodinya harus tinggi, jadi didalam plasma itu adalah antibodi yang sudah bisa melawan Covid-19,

“Dimasukan secara pasif melalui transfusi sehingga pasien dalam keadaan sakit parah, bisa melawan sakit itu. Jadi dalam hal ini, plasma konversen merupakan salah satu pengobatan pasien covid – 19 dalam kondisi parah,” tuturnya.

Pembuatan plasma konvalesen sendiri tidak mudah, karena harus merubah Bank darah menjadi Unit Transfusi Darah.

“Namun dengan bimbingan dari RS Dr. Soetomo di Surabaya segala macam teknik, keilmuan dan pengalaman, kita bisa sharing walaupun hanya melalui zoom,” Pungkasnya Dr. Izaak

febri

Bagikan:

Iklan