infobanua.co.id
Beranda TAPIN Dirjen SDA Kementerian PUPR RI dan Bupati Saksikan Pengisian Awal Bendungan (Impounding)

Dirjen SDA Kementerian PUPR RI dan Bupati Saksikan Pengisian Awal Bendungan (Impounding)

RANTAU,- Bupati Tapin, Drs.HM.Arifin Arpan bersama Direktur Bendungan dan Danau Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono,St, Mt, Gurbenur Kalsel diwakili Staf Ahli Gurbenur Bidang Permasyarakatan dan SDM Ir.Fathurahman, Balai Wilayah Sungai II Kalimantan Selatan Fiqri Abdurahman,St,Msc, Muspika Camat, dan Tokoh Adat menyaksikan pengisian awal bendungan (Impounding) Tapin di Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Jum’at (9/10/2020) pagi.

Acara pengisian awal bendungan (Impounding) Pipitak Jaya ditandai dengan penekanan tombol sirene, sebagai tanda dimulainya pengisian awal bendungan dengan menutup pintu saluran pengelak diikuti dengan pekerjaan penyumbatan saluran atau plaging saluran.

Dikatakan Direktur Bendungan dan Danau Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Airlangga Mardjono,St, Mt bahwa bendungan Pipitak Jaya Tapin ini merupakan program strategis nasional sejak 2014.

“Dan hari ini bersama-sama kita saksikan pengisiannya dengan harapan bisa berguna bagi seluruh masyarakat Tapin,”katanya.

“Tahapan selanjutnya setelah pengisian adalah pengoperasian. Setelah penuh terisi bendungan ini kemudian pengoperasian sesuai pola operasinya jadi pemanfaatannya terukur berapa debit yang akan dialirkan ke hilir itu sudah ada pola operasinya,”katanya kepada sejumlah awak media.

Bendungan Tapin yang terletak di Desa Pipitak Jaya ini akan mensuplai irigasi seluas 5.400 hektar. Menyediakan air baku untuk wilayah Kabupaten Tapin sebesar 500 liter perdetik. Dapat mengurangi debit banjir dan memiliki potensial energi listrik sebesar 3,3 Megawatt. Bahkan dapat meningkatkan perekonomian warga terutama perekonomian petani yang berkat bendungan ini dapat panen 3 kali setahun.

Bendungan Tapin merupakan tipe timbunan zona inci tegak dengan incian 70 meter dan panjang 262 meter.Kapasitas air bendungan ini mampu menampung 56,7 juta meter kubik air. Dan menggenangi lahan seluas 4,25 Kilometer,

Sementara Bupati Tapin, Drs.HM.Arifin Arpan menyatakan optimis yakin petani di Tapin bisa meningkat berkat adanya bendungan ini.
“Saat ini saja sudah dua kali tanam para petani Tapin dan dengan didukungnya saluran irigasi dari bendungan ini nantinya bakal lebih meningkatkan produksi para petani di Tapin,”katanya.

Selain itu potensi wisata di kawasan sekitar bendungan ini yang bakal kita kembangkan dan menarik perhatian warga.

Adapun kapan mulai dikerjakan pembangunan saluran irigasi ini, dikatakan Bupati Tapin, “saat ini sudah mulai lelang dan akan dikerjakan,”pungkasnya.

Reporter Nasrullah

Bagikan: