infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Perketat Pengawasan Pada Lapas Over Kafasitas

Perketat Pengawasan Pada Lapas Over Kafasitas

Banjarmasin – Wakil Ketua Komisi III DPRRI Pangeran Khairul Saleh saat kunjungan kerja Komisi III DPRRI pada reses masa persidangan I tahun sidang 2020-2021 ke Kantor wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Provinsi Kalimantan Selatan,Senin (12/10/2020),meminta jajaran kantor kementerian Hukum Dan Ham terutama jajaran Lapas di Kalimantan Selatan agar melaksanakan pengawasan secara ketat terutama pada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang mengalami Over Kafasitas.

Di Wilayah kerja Kantor Kementerian Hukum Dan Ham Kalsel seperti di ketahui ada 3 Lapas yang mengalami Oves Kafasitas sangat tinggi yakni Kota Banjarmasin,Kota Banjar Baru,dan Kabupaten Kota Baru.

Over Kafasitas Lapas di Kalimantan Selatan sangat besar,terutama kota Banjarmasin over kafasitasnya mencapai 529 persen dengan jumlah warga binaan mencapai 1929 orang.

“Kalau Lapas terjadi over kafasitas sudah pasti akan terjadi penyimpangan dan pengawasannyapun jadi tidak optimal,”kata Khairul Saleh.

Di kota Banjarmasin dengan jumlah warga binaan yang mencapai 1929 orang hanya di awasi oleh 18 orang petugas.”Jangan sampai minimnya petugas memberi peluang kaburnya narapidana seperti yang terjadi di Lapas Kota Tangerang,kaburnya narapidana Cai Changpan terulang”,imbuh Khairul Saleh.

Kaburnya Cai Changpan merupakan bukti lemahnya pengawasan petugas dan penerapan SOP yang kurang di perhatikan oleh petugas,pungkas Pangeran Khairul Saleh.

indra

Bagikan:

Iklan