infobanua.co.id
Beranda TAPIN BPBD Tapin Gelar Apel Siaga Darurat Bencana

BPBD Tapin Gelar Apel Siaga Darurat Bencana

RANTAU, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar apel siaga darurat bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), banjir, tanah longsor serta angin puting beliung. Yang kini kondisi iklim cuaca di Tapin sudah mulai memasuki musim penghujan.

Apel ini dalam rangka mengecek kesiap-siagaan personil Tim Penanggulangan Bencana yang tergabung dalam Satgas Siaga Bencana sekaligus melihat sejumlah peralatan dan perlengkapan personil jika terjadi bencana, apel dilaksanakan di lapangan Dwidharma Rantau, Selasa (17/11) pagi.

Dalam apel dipimpin Wakil Bupati Tapin, H.Syafrudin Noor dan diikuti anggota TNI-POLRI, BPBD, TRC, BASARNAS, TRT, PMI, TAGANA, BAPARA, KNPI, KARANG TARUNA, PRAMUKA, ORARI, BAZNAS, DESTANA, FKH, PT. HCT, PT. BMB, PT. KPP, PT. AGM, PT. BRE dan lainnya.

Wakli Bupati Tapin, H.Syafrudin Noor mengatakan, Apel gelar pasukan yang kita laksanakan ini sebagai bentuk kesiapsiagaan dan antisipasi personil yang terlibat dalam Tim Penanggulangan Bencana. Sekaligus melihat kesiapan sejumlah peralatan dan perlengkapan personil yang bakal digunakan jika terjadi bencana. Sebagaimana kita ketahui saat ini sudah memasuki musim hujan kendati masih dengan intensitas curah hujan yang sedang, namun biasanya di tengah kondisi hujan tersebut dapat kita sadari bencana seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung tidak dapat kita hindari.
“Nah bagaimana upaya personil yang terlibat dalam penanggulangan bencana bersiap siaga melakukan antisipasi untuk dapat meminimalisir dampaknya, dan jika nanti terjadi bencana kualitas dan kuantitas penanganan bencana semakin cepat dan baik lagi,”katanya.

Diimbau kepada warga masyarakat terutama warganya dipesisir Sungai Tapin pada musim hujan seperti ini agar berhati-hati. Karena biasanya debit air sungai Tapin deras dan dalam. “Untuk itu bagi orang tua yang memiliki anaknya yang belum bisa berenang agar di jaga jangan ikut berenang di sungai,”katanya.

Ditambahkan Kepala BPBD Tapin, Said Abdul Nasir bahwa kita sudah melaksanakan antisipasi kesiapsiagaan yang diantaranya adalah apel gelar pasukan hari ini disusul rapat-rapat anggota membahas jika nanti terjadi musibah dan dapat selalu bergerak cepat menanganinya.
“Kedepan diprediksi curah hujan mencapai 40 persen. Dan kemungkinan terjadi banjir, tanah longsor, sehingga perlu kesiapsiagaan kita. BPBD Tapin disini sudah menyiapkan personil, peralatan, dan jalur evakuasi banjir jika nantinya memang terjadi banjir di Tapin,”katanya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan