infobanua.co.id
Beranda TAPIN Bupati Tapin Imbau Warga Tapin Patuh Protokol Kesehatan Saat Ke TPS

Bupati Tapin Imbau Warga Tapin Patuh Protokol Kesehatan Saat Ke TPS

RANTAU, infobanua.co.id – Dalam rangka menyukseskan Pemilu Gurbenur dan Wakil Gurbenur Kalimantan Selatan 2020, Bupati Tapin Drs.HM.Arifin Arpan, MM membantu Komisi Pemilihan Umum Daerah Tapin meninjau kecamatan guna mengimbau warganya agar tidak takut datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Rabu, 9 Desember 2020 besok.

Bupati Tapin, Drs.HM.Arifin Arpan, MM mengimbau warganya untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai petunjuk saat mendatangi TPS saat pemilihan 9 Desember 2020 nanti. “Protokol kesehatan yaitu memakai masker, jangan berkelompok, dan menjaga jarak. Itulah diantaranya,”imbaunya.

Dan berharap Pemilu Gurbenur Kalsel di daerah Tapin tingkat kehadiran warga tinggi dalam memenuhi hak pilihnya, dan pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan aman.

“Untuk persiapan seperti logistik sudah didistribusikan ke seluruh kecamatan selanjutnya ke setiap TPS dan hari ini kita kontrol ke kantor KPU Tapin di Jalan Jenderal Sudirman dan besok direncanakan ke kantor kecamatan,”katanya.

Hj.Henny Hendriyanti, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tapin mengatakan hari ini terakhir KPUD Tapin sudah mendistribusikan logistik ke kecamatan. “Alhamdulillah, pegerseran logistik kini sudah di tingkat kecamatan,”katanya.

Mekanisme pemilih dari yang sedang terpapar Covid-19, Disabilitas, dan Warga Binaan Rantau. Mereka memiliki hak memilih dan terdaftar juga sebagai daftar pemilih tetap (DPT).

“Sesuai dengan peraturan KPU bagi mereka pasien yang terpapar Covid-19 termasuk disabilitas itu bisa menggunakan C pendampingan atau surat mandat dengan cara memberikan kuasa kepada keluarga, teman untuk memberikan hak pilihnya. Termasuk yang sedang menjalani perawatan opname di RSUD.Datu Sanggul Rantau,”katanya.

Mekanisme bagi warga binaan rutan Rantau, itu ada petugas kita yang akan mendatangi dan juga disediakan TPS. “Tergantung kondisi, petugas kita mendatangi atau sebaliknya memilih di TPS yang disediakan di suatu tempat,”katanya.

“Diharapkan tingkat partisipasi pemilih kita standar nasional mencapai 77,5 persen. Warga masyarakat jangan takut kuatir, karena semua petugas pemilu kita sudah melaksanakan Rapid Test dan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap,”katanya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan