infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Hadiri Syukuran 34 Barambai, Noormiliyani Beberkan Konsep Corporate Farming

Hadiri Syukuran 34 Barambai, Noormiliyani Beberkan Konsep Corporate Farming

Kecamatan Barambai yang dibentuk pada 1 Desember 1986 lakukan syukuran hari jadi Kecamatan ke-34. Syukuran di lakukan secara sederhana di Aula Kantor Desa Pendalaman Baru, Senin (14/12/2020).

Berhadir dalam acara Bupati Barito Kuala Hj Noormiliyani AS, Camat Barambai Wiwien Mashuri, mantan Camat Barambai Ardiansyah, pengurus PKK Kecamatan serta para Kepala Desa seluruh Kecamatan Barambai.

Dalam sambutannya, Camat Barambai menyampaikan bahwa banyak kemajuan di Barambai. Salah satunya meningkatnya pendapatan masyarakat melalui program serasi. Dimana para petani saat ini setelah panen padi kini menunggu hasil panen jeruk.

“Kalau dulu setelah musim panen padi selesai, masyaraka merantau kemana-mana mencari pekerjaan. Kini melalui program serasi masyarakat tidak lagi meninggalkan Desanya,” ungkap wiewien.

Wiwien selanjutnya juga mengucapkan terimakasih karena pada anggaran 2021 Kecamatan Barambai mendapat kucuran dana 7 Milyar untuk pembangunan puskesmas.

“Kalo bangunannya telah jadi, mungkin akan menjadi puskesmas terbesar di Batola,” ungkap Camat,
mengingat anggaran untuk pembangunan puskesmas di Marabahan yang tidak sampai 3 Milyar.

Mantan Camat Barambai Ardiansyah yang kini menjabat Kepala Badan Pengelolaan Pajak & Retribusi Daerah menyambut baik kemajuan yang ada di Barambai. Bahkan Ardiansyah mengapresiasi Kecamatan Barambai yang telah melunasi seluruh pembayaran pajaknya.

“Saya berpesan kepada seluruh Kepala Desa untuk berhati-hati dalam menggunakan Desa, ingat ada Allah dan inspektorat yang mengawasi,” ingat Camat ke-8 Barambai ini.

Selanjutnya Bupati Hj. Noormiliyani AS menyerahkan bantuan kepada Majelis Ta’lim Nurul Iman Rp15 juta, Langgar Darul Qorar Desa Begagap Rp15 juta, Langgar Sirathul Iman
Desa Kolam Kiri Dalam Rp15 juta, Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Kec Barambai Rp10 juta, serta pemeliharaan halaman Madrasah IbtidaiyahNegri 5 Desa Sungai Kali Rp15 juta. Keseluruhan bantuan merupakan CSR PT Talenta Bumi.

Bupati Hj Noormiliyani AS menyampaikan selamat dan rasa syukurnya atas hari jadi Kecamatan Barambai. Barambai yang kini menjadi wilayah swakarya dan swasembada berkat berbagai program pemerintah Kabupaten dibidang pertanian.

“Kita patut berbangga bahwa Batola di Kalimantan Selatan nomor 1 dalam produksi padi, jeruk, dan nanas,” tambah Noormiliyani AS.

Selanjutnya alumni Fakultas Hukum ULM ini berharap Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bisa terus digerakkan Bahkan menurut Noormiliyani dirinya berharap akan adalah pertanian berkonsep corporate farming.

Dimana produk pertanian dikelola hingga menjadi produk lanjutan oleh corporate yang merupakan gabungan Bumdes dari beberapa Desa.

“Sehingga produk pertanian tidak berhenti hanya sebatas beras saja, namun ada pengemasan yang menarik dan pemasaran yang baik melalui corporate farmingini,” harap Bupati wanita pertama di Batola ini.

HumproBatola/IB

Bagikan:

Iklan