infobanua.co.id
Beranda TAPIN Petugas Kesehatan Sasaran Pertama Vaksin Covid-19

Petugas Kesehatan Sasaran Pertama Vaksin Covid-19

RANTAU,- Pencanangan Vaksinasi Covid-19 tahap pertama diarahkan ke sumber daya manusia bidang kesehatan di Tapin dan terdata sebanyak 1.301 orang tersebar di 13 Puskesmas, Rumah sakit Datu Sanggul, Rumah sakit Handayani, Klinik Polres Tapin, dan Klinik Kodim1010 Rantau.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapin, H.Alfian Yusuf, Senin (1/2/2021), di acara pencanangan vaksinasi Covid-19 di Rantau.

Vaksinasi Sinovac Covid-19 diberikan kepada seseorang yang berusia 18 s/d 59 tahun. Belum pernah terkonfirmasi positif Covid-19, dan tidak ada penyakit penyerta komorbit.

“Ini sebagai syarat, kriteria seseorang untuk mendapatkan vaksin,”katanya.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk lingkungan kesehatan dimulai sejak Januari kemarin dan rencananya petugas kesehatan di lingkungan Puskesmas dimulai besok hari Selasa, 2 Februari sampai dengan bulan April 2021.

“Vaksinasi dilakukan sebanyak dua kali dengan jeda waktu sekitar 14 hari. Dosis pertama pada tahap pertama vaksinasj adalah untuk memperkenalkan kandungan isi vaksin kepada sistem kekebalan tubuh dan memicu respon kekebalan awal, “katanya.

“Kemudian dosis kedua pada tahap vaksinasi kedua disebut boster untuk menguatkan respon imun yang telah terbentuk sebelumnya,”katanya.

“Persian yang telah kita lakukan adalah termasuk menyiapkan tenaga kesehatan terlatih sejumlah 21 orang dari 13 kecamatan di Tapin. Mereka siap untuk melakukan vaksinasi, termasuk vaksin berikutnya. Demikian tempat mereka vaksin sudah disiapkan, termasuk distribusi vaksin sudah kami lakukan sejak hari Minggu, 31 Januari 2021 kemarin,”katanya.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan