Di Duga Telah Terjadi Pungli Program PTSL Desa Manggungjaya Disertai Bukti Kwitansi

  • Whatsapp

Karawang, Infobanua.co.id – Warga Desa Manggung Jaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang mengeluh karena merasa diperas oleh pihak kantor desa.

Sekitar 1.400 warga Manggung Jaya membuat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan mereka dikenakan biaya yang fantastis.
Selasa, 23/02/21.

Seperti diketahui, pembuatan sertifikat tanah gratis melalui program PTSL merupakan program Presiden Joko Widodo. Sejak awal dicanangkan, program di bawah komando Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini tidak dipungut biaya alias gratis. Masyarakat bisa mendapatkan sertifikat tanah mereka dengan mengurus sejumlah dokumen melalui kantor desa/ kelurahan setempat,di lansir dari media Nusaperdana.com dan waktu itu pemberitaan nya tanggal 7 September tahun 2020

Fakta dilapangan dalam pembuatan PTSL di Desa Manggung Jaya Karawang diduga terjadi pungutan liar.

Hal tersebut diungkapkan warga Desa Manggung Jaya yang dimintai biaya cukup besar dalam PTSL. “Saya dikenakan biaya sebesar Rp 2,5 juta oleh pihak desa. Alasannya sertifikatnya bukan atas nama saya. Karena belum bisa bayar full, saya berikan pihak desa uang muka sebesar Rp 500 ribu dan saya meminta kwitansinya,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan warga lainnya. Menurut dia, biaya PTSL variatif ada yang Rp 500 ribu, Rp 2 juta, dan Rp 2,5 juta disesuaikan sertifikat. “Saya udah kasih uang muka Rp 1 juta dan sisanya Rp 1,5 juta. Tapi sayang, saya tidak meminta kwitansinya,” katanya.

Kades Manggung Jaya, Didi Sukardi mengaku biaya PTSL hanya Rp 150 ribu. “Saya anjurkan ke masyarakat membayar Rp 150 ribu saja,sekitar 1.400 warga yang mengajukan. Lebih jelas ke Sekdes aja,” katanya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi melalui SMS Sekdes Manggung Jaya, Hasan Suhendi mengaku sedang sibuk. “kalau ingin jelas saya tunggu di kantor desa supaya jelas. Akang ditunggu di desa sama saya hari Rabu soalnya dua hari ini saya ga bisa, lagi beresin kerjaan. Kalau biaya PTSL adm nya 150 ribu,” ujarnya.

Dengan adanya pemberitaan ini di mohon pihak Saberpungli ( sapu bersih Pungutan liar) segera bertindak tegas karena di desa manggungjaya di duga kuat telah terjadi pungli di program PTSL dan ada bukti kwitansi pembayaran nya juga ada perbuatan dugaan pungli yang sudah di lakukan.

Iswanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *