infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN DPRD Kota Banjarmasin Minta Masukan Pakar Banjir

DPRD Kota Banjarmasin Minta Masukan Pakar Banjir

BANJARMASIN – Guna mencari solusi yang tepat mengatasi banjir yang kerap terjadi di Kota Banjarmasin saat musim hujan. DPRD Kota Banjarmasin mengundang pakar banjir, yang merupakan ahli dibidangnya dari kalangan akademisi dan professional.

“Mencari mengatasi banjir, DPRD Banjarmasin meminta masukan dengan beberapa pakar termasuk mendengarkan saran, dari Dinas PUPR, Perkim, Balitbangda dan Dishub Banjarmasin,” kata Ketua Komisi III DPRD Banjarmasin Isnaini, Senin (15/3/2021).

Kata Isnaini, pihaknya juga akan melakukan penambahan pasal pembahasan, revisi perda rencana tata ruang wilayah (RTRW). “Kehadiran payung hukum perda revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW). Diharapkan mampu mengantisipasi banjir sejak dini,” katanya.

Isnaini berkata, dengan adanya komunikasi lebih intens, akan dibuat aturan  yang bisa dimasukkan ke dalam draf perda revisi RTRW untuk mengatasi banjir, sehingga tidak lagi terulang kejadian serupa untuk tahun-tahun berikutnya. “Hasil pertemuan, Kita mendapatkan masukan yaitu akan diatur mengembalikan fungsi sungai, menyiapkan  ketersediaan lahan serapan, drainase dimaksimalkan, dan perda rumah panggung kembali dioptimalkan,” ucapnya.

Sementara Ketua Pansus Revisi RTRW Arupah Arif mengatakan pihaknya akan membahas lebih detail guna mensinkronkan  rumusan secara tepat untuk penataan Kota, terutama dalam penanganan sungai dan drainase, mulai tahun 2021 hingga 2040 mendatang. rel

Bagikan:

Iklan