Pemkot Blitar Tetap Batasi Hajatan, Meski RT Mayoritas Zona Hijau

  • Whatsapp
Walikota Blitar, Santoso.

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, meski mayoritas RT berada di Zona Hijau, tapi tetap membatasi kegiatan pesta pernikahan atau hajatan di warga masyarakatnya.

Walikota Blitar, Santoso, mengatakan bahwa, kembali diberlakukannya PPKM Mikro lanjutan, memberikan dampak signifikan dalam penurunan angka kasus positif covid-19 ditingkat RT dan RW.

“Sekarang hampir seluruh RT di Kota Blitar berstatus Zona Hijau, sehingga Pemkot Blitar memperbolehkan menyelenggaraan hajatan di warga masyarakat, namun tetap dengan beberapa persyaratan protokol kesehatan yang wajib dipenuhi,” kata Walikota Blitar, Santoso, Senin 15-03-2021.

Menurut Santoso, hal ini berlaku, baik untuk warga yang berdomisili di wilayah RT itu, maupun lokasi yang dijadikan tempat melaksanaan hajatan.

Kemudian penyelenggaraan hajatan harus menerapkan protokol kesehatan, diantaranya penggunaan masker, menyediakan tempat cuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir dan handsanitizer, menjaga jarak satu meter dan menghindari kerumunan, serta tidak mengadakan prasmanan dengan mengatur jadual kunjungan dari para tamu undangan.

“Sedang untuk jumlah tamu undangan, tetap dibatasi tergantung kepada Satgas Kecamatan yang melakukan verifikasi proposal dan evaluasi lapangan terhadap permohonan penyelenggaraan hajatan,” jlentrehnya.

Selanjutnya Santoso berharap, dengan adanya kebijakan ini warga masyarakat dapat menyamakan persepsi, ketika pemerintah memberikan ruang, tetapi juga sekaligus mempunyai tugas untuk mengendalikannya.

“Jika nantinya ada yang melanggar, tentu akan dikenakan sanksi sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya. (Eko.B) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *