Bupati Banjar Buka Kegiatan Rakor Pilkades

  • Whatsapp

MARTAPURA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar menggelar rapat koordinasi (rakor) membahas persiapan pelaksanaan pemilihan pembakal atau kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 di Aula KH Kasypul Anwar, Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar, Kamis (1/4/2021).

Rakor Pilkades serentak diikuti para Camat se Kabupaten Banjar itu dibuka Bupati Banjar H Saidi Mansyur didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra H Masruri dan Kepala PMD Banjar H Syahrialludin.

Bupati H Saidi Mansyur mengatakan pemilihan kepala desa merupakan salah satu bentuk pesta demokrasi yang begitu merakyat dan momentum memperkuat partisipasi masyarakat juga konsolidasi demokrasi secara jujur, adil, langsung, umum, bebas dan rahasia.

Menurutnya inti dari perubahan regulasi Pilkades yakni terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa menekankan bahwa pada perubahan struktur kepanitiaan di tingkat Kabupaten, penambahan sub kepanitiaan di tingkat kecamatan.

Saidi Mansyur menegaskan bahwa pelaksanaan Pilkades nanti adalah harga mati untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yakni dengan memakai masker, menghindari kerumunan sehingga kegiatan berjalan sesuai dengan arahan Permendagri. “Semoga Pilkades serentak Tahun 2021 melahirkan pemimpin terbaik demi optimalnya berbagai program dan pembangunan desa ke depan,” harapnya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar H Syahrialludin menyebutkan ada 140 Desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada 2021 ini. Saat ini, tahapan Pilkades serentak sudah memasuki pendaftaran pemilih atau jumlah pemilih.

Adapun pihak keamanan yang mendukung pelaksanaan Pilkades serentak pada 24 Mei 2021 nanti, melibatkan pihak Polres Banjar, Kodim 1006 Martapura dan pihak terkait lainnya. Rel/bp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *