infobanua.co.id
Beranda Blitar Test GeNose C19 di Terminal Bus Patria Kota Blutar, Terkendala Ruangan

Test GeNose C19 di Terminal Bus Patria Kota Blutar, Terkendala Ruangan

Blitar, Infobanua.co.id – Terminal Bus Tipe A Patria Kota Blitar, mulai melakukan uji coba skrining covid-19 dengan menggunakan alat Gadjah Mada Electronic Nose C19 (GeNose C19) kepada calon penumpang, sejak Minggu 18 April 2021 yang lalu.

Kepala Terminal Tipe A Patria Blitar, Verie Sugiharto, mengatakan bahwa, tapi tempat pemeriksaan test GeNose C19 yang tidak tertutup di Terminal Bus Patria Kota Blitar menjadi kendala petugas.

Pihaknya meminta agar setiap penumpang yang akan melakukan test untuk tidak memakai wangi-wangian dan makan makanan yang menimbulkan bau menyengat karena bisa mempengaruhi hasil test.

“Ruangan pemeriksaan GeNose C19 saat ini berada di ruangan pusat informasi penumpang yang memiliki jumlah ventilasi udara cukup banyak,” kata Kepala Terminal Bus Tipe A Patria Blitar, Verie Sugiharto, kepada awak media, Minggu 25-04-2021.

Menurut Verie, bahwa hal itu menjadi kendala petugas karena kondisi ini dimungkinkan bisa mempengaruhi hasil test pemeriksaan GeNose C19.

Namun tidak ada pilihan lain, karena keterbatasan tersedianya ruangan yang ada.

Selanjutnya Verie menghimbau kepada penumpang atau petugas yang akan memasuki ruangan pemeriksaan untuk tidak menggunakan wewangian dan tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang menimbulkan bau menyengat, seperti kopi, pete, jengkol, durian dan bawang putih serta tidak merokok.

“Mengingat alat GeNose C19 itu sangat sensitif terhadap bau,” jlentrehnya.

Lebih lanjut Verie menerangkan bahwa, pihaknya menghimbau agar mereka hanya boleh minum air putih minimal 30 menit sebelum melakukan pemeriksaan sampel napas.

“Petugas terus memastikan agar kondisi ruangan steril dengan melakukan sterilisasi setelah setiap tiga orang penumpang selesai melakukan test GeNose C19,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan