infobanua.co.id
Beranda Blitar Pasca Ranwal RPJMD, Ada Empat Point Jadi Catatan Stategis DPRD Kota Blitar

Pasca Ranwal RPJMD, Ada Empat Point Jadi Catatan Stategis DPRD Kota Blitar

Blitar, Infobanua.co.id – Pasca penandatanganan nota kesepakatan Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) oleh DPRD dan Pemkot Blitar, pada Jum’at 23 April 2021 di ruang Graha Paripurna DPRD, jalan Ahmad Yani, Kota Blitar.

Ketua DPRD Kota Blitar, dr. Syahrul Alim, mengatakan bahwa, ada empat point strategis yang mesti diprioritaskan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar untuk direalisasikan.

“Keempat sektor itu meliputi bidang infrastruktur, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan dan pendidikan,” kata Ketua DPRD Kota Blitar, dr. Syahrul Alim, kepada awak media, melalui telpon selulernya, Minggu 25-04-2021.

Menurut Syahrul, bahwa selain mengerjakan upaya pemulihan ekonomi tahun 2021 ini, prioritas pewujudan empat hal krusial tersebut harus dipertimbangkan oleh Pemkot Blitar, untuk direalisasikan melalui kerangka pembangunan daerah tahun 2021-2026.

“Muaranya adalah, bukan hanya sekedar infrastruktur, tapi fokus utamanya juga Sumber Daya Manusia, bidang kesehatan dan pendidikan harus lebih banyak diperhatikan,” jlentrehnya.

Masih menurut Syahrul, bahwa selama pandemi covid-19, yang terdampak sekali di bidang pendidikan dan kesehatan. Jadi ini harus diselaraskan agar kedepan bisa berjalan semakin baik.

Secara teknis dan teori, proses pembahasan Ranwal RPJMD kota Blitar tahun 2021-2026, muaranya adalah substansi dari pembangunan daerah memang tidak boleh menyimpang dengan rencana pembangunan oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi. Karena RPJMD merupakan basis agenda pelaksanaan pembangunan daerah.

Sementara ditempat berbeda Walikota Blitar, Santoso, mengatakan bahwa pihaknya menerima seluruh saran dan masukan dari masing-masing fraksi di DPRD. Hal ini penting, karena sebagai bahan penyempurnaan konsep Ranwal RPJMD tahun 2021-2026.

“Saran dan masukan itu merupakan dinamika yang positif. Justru dari masukan itulah yang perlu kami akomodir, dalam rangka penyempurnaan konsep Ranwal RPJMD tahun 2021-2026,” kata Walikota Blitar, Santoso.

Selanjutnya Santoso menjelaskan bahwa, yang menjadi harapannya agar rencana ini bisa menjadi sempurna, dan mudah-mudahan kedepan dapat berjalan sesuai rencana dan harapan.

“Kami berharap agar rencana ini bisa menjadi sempurna, dan mudah-mudahan kedepan dapat berjalan sesuai rencana sesuai dengan harapan,” pungkasnya. (Eko.B)

 

Bagikan:

Iklan