infobanua.co.id
Beranda Blitar Warga Kota Blitar Temukan Sruktur Bata Kuno, Diduga Benda Purbakala.

Warga Kota Blitar Temukan Sruktur Bata Kuno, Diduga Benda Purbakala.

Blitar, Infobanua.co.id – Warga Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, menemukan bangunan struktur Bata Kuno diduga Benda Purbakala peninggalan jaman kerajaan yang terpendam di area persawahan.

Tumpukan Bata Merah dengan ukuran panjang sekitar 30 cm dan lebar sekitar 20 cm itu terpendam di pematang sawah pinggir saluran irigasi, dan struktur Bata Kuno ini diduga hampir sama dengan struktur Bata Candi Gedog, Kota Blitar yang ditemukan beberapa bulan yang lalu.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar langsung berkoordinasi dengan BPCB Jawa Timur (Jatim) agar di observasi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman, mengatakan bahwa, minggu kemarin pihaknya menerima laporan dari salah satu warga Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, adanya temuan struktur Bata Kuno di areal persawahan samping bangunan Rumah Sakit Umum Daerah Mardi Waluyo, Kota Blitar.

“Lokasi struktur Bata Kuno itu satu lokasi dengan temuan Jambangan Air Kuno yang ditemukan pada bulan Oktober 2020 lalu. Temuan ini diduga bagian dari situs Cagar Budaya,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman, kepada awak media, Rabu 28-04-2021.

Menurut Tri Iman, bahwa ukuran Batu Bata memiliki panjang 30 cm dan lebar 20 cm. Ukuran tersebut sama dengan ukuran Batu Bata yang berada di situs Candi Gedog, Kota Blitar.

“Kami sudah melaporkan temuan warga ini ke BPCB Jawa Timur untuk ditindaklanjuti,” jlentrehnya.

Selanjutnya Tri Iman menjelaskan bahwa, saat ini struktur batu Bata Kuno tersebut tetap berada di areal persawahan termasuk pecahan pecahannya.

“Sampai sekarang struktur Batu Bata Kuno itu tetap berada di areal termasuk pecahan pecahannya,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan