Ketua DPRD Prov Kalsel Resmi Serahkan Rekomendasi LKPJ Kepada Pj Gubernur Kalsel

  • Whatsapp

BANJARMASIN, infobanua.co.id – Hasil rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Akhir Tahun 2020 diserahkan secara resmi oleh Ketua DPRD Kalimantan Selatan, Supian HK kepada Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA pada Rapat Paripurna, Rabu (28/4).

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD Kalsel, M Syaripuddin menyampaikan hasil rekomendasi DPRD atas LKPJ menyebutkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalsel Tahun 2016-2021, selain menyelesaikan isu-isu yang bersifat lokal, juga mempertimbangkan isu yang bersifat nasional dan global seperti pertumbuhan dan pemerataan, kemiskinan, pengangguran, lingkungan hidup dan penataan ruang.

“Kinerja Kepala Daerah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan tahun 2020 di tengah pandemi COVID-19 terutama diseluruh sektor mengalami tantangan yang berat khususnya untuk mencapai target yang telah ditetapkan,” kata Syaripuddin.

Dikatakan Syaripuddin, penyampaian rekomendasi DPRD terhadap LKPJ ini merupakan catatan strategis sebagai wujud nyata tugas dan fungsi DPRD pada masyarakat dan merupakan progres report dan penyelenggaraan pemerintah daerah selama satu tahun.

“Saya ingatkan bahwa rekomendasi DPRD merupakan catatan strategis dalam upaya-upaya perbaikan dimasa yang akan datang dalam melaksanakan pemerintahan daerah, pembangunan dan kemasyarakatan”. Ujar Syaripuddin.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA mengatakan sebagai Kepala Daerah berkewajiban menyampaikan LKPJ setiap akhir tahun anggaran dalam menyajikan laporan secara lengkap dan akurat, akuntabel dan transparan sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan dapat terukur dan terevaluasi dengan baik.

“Oleh karena itu, Kami sangat menghargai rekomendasi DPRD dan siap menindaklanjutinya serta rekomendasi dari DPRD banyak mengandung hal-hal yang positif dan konstruktif sebagai dorongan bagi seluruh jajaran Pemprov Kalsel agar bekerja lebih baik lagi,” lanjut Safrizal.

Disampaikan Safrizal, dalam hitungan bulan sebagai Pj Gubernur sudah merasakan kebersamaan yang kental, sinergi yang kuat dengan kemitraan antara eksekutif dan legislatif khususnya dalam menilai LKPJ.

“Mudah-mudahan sinergi ini selalu hadir dalam penyelenggaraan pemerintahan, baik perencanaan pembangunan, perumusan kebijakan daerah, peraturan daerah serta tugas lain dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kalsel,” Pungkas Safrizal.

febri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *