infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN DPRD Kota Banjarmasin Minta Pembagian Doorprize di TPS PSU Jangan Bebani Anggaran dan Langgar  Aturan

DPRD Kota Banjarmasin Minta Pembagian Doorprize di TPS PSU Jangan Bebani Anggaran dan Langgar  Aturan

BANJARMASIN – Terkait rencana Pemko Banjarmasin memberikan doorprize untuk tingkatkan partisipasi pemilih setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di tiga kelurahan yang menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) 28 April nanti. Jangan sampai membenani anggaran dan bermasalah dikemudian hari.

Ketua DPRD Banjarmasin Harry Wijaya mempertanyakan rencana pemberian doorprize agar partisipasi masyarakat datang ke TPS pada PSU meningkat. “Kalau bentuknya doorprize tentu memerlukan anggaran, maka kita perlu jelas sumbernya dari mana,” ujar Harry, Selasa (18/5/2021).

Menurutnya, saat ini pemerintah sedang melaksanakan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang meliputi perencanaan pembangunan, keuangan dan lainnya. Jika pemberian doorprize itu menggunakan anggaran dari pemerintah kota, apakah sudah disiapkan sejak awal hingga dapat masuk kedalam sistem informasi itu.

“Kita tidak ingin ini jadi masalah. Kalau data tidak masuk ke sistem, tentu tidak muncul dalam SIPD, kecuali memang sudah terencana sejak awal tahun kemarin. Khawatirnya, akan jadi temuan dalam pemeriksaan yang akan berimbas kurang baik bagi semuanya,” ungkapnya.

Dikatakan Harry, pemberian doorprize di tiap TPS memang sebuah gagasan atau ide yang baik, dengan tujuan meningkatkan partisipasi pemilih. Tetapi, perlu diingat jangan sampai malah menjadi masalah dikemudian hari. “Kecuali nantinya, doorprize yang diberikan sumbernya menggunakan dana dari KPU yang memang memiliki dana dalam bentuk hibah,” tutupnya.

Seperti diberitakan, Kepala Kesbangpol Kota Banjarmasin Kasman mengatakan, doorprize disiapkan agar warga yang memiliki hak pilih bisa berbondong-bondong ke TPS. “Setiap TPS akan disiapkan tiga hadiah dengan cara diundi pada akhir pencoblosan. Setiap pemilih yang datang akan mendapatkan nomor undian dan nanti diundi,” katanya.

Untuk doorprize, kasman belum bisa memastikan. Namun dia menjamin jika tiap-tiap TPS akan menyiapkan tiga hadiah. Itu artinya akan ada 240 hadiah yang akan disiapkan Pemkot Banjarmasin dan KPU Banjarmasin. hms/RK

Bagikan:

Iklan