infobanua.co.id
Beranda Blitar Hari Libur Waisak, Petugas Gabungan Kota Blitar Gelar Operasi Yustisi Dikawasan Wisata

Hari Libur Waisak, Petugas Gabungan Kota Blitar Gelar Operasi Yustisi Dikawasan Wisata

Blitar, Infobanua.co.id – Petugas gabungan covid-19 yang terdiri dari Polres Blitar Kota, Kodim 0808/Blitar, dan Satpol PP Kota Blitar melakukan operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19 di sejumlah kawasan wisata di Kota Blitar, Rabu 26-05-2021.

Perwira Pengendali Operasi Yustisi Polres Blitar Kota, Ipda Suparjoko, mengatakan bahwa, Satgas covid-19 pertama kali mendatangi kawasan Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) yang menjadi tempat parkir kendaraan pengunjung kawasan Makam Bung Karno.

“Dari PIPP, petugas langsung menuju ke kawasan Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar,” kata Perwira Pengendali Operasi Yustisi Polres Blitar Kota, Ipda Suparjoko.

Menurut Suparjoko, bahwa petugas datang, keadaan pengunjung di kawasan Makam Bung Karno sangat ramai.

Banyak rombongan pengunjung dari dalam dan luar kota memanfaatkan hari libur Waisak untuk berziarah ke Makam Bung Karno.

“Kami menghimbau kepada para pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara benar dan ketat,” jlentrehnya.

Masih menurut Suparjoko, bahwa para pengunjung wajib memakai masker, mencuci tangan diair yang mengalir, dan menjaga jarak saat berada di kawasan Makam Bung Karno.

Petugas juga diminta agar pengunjung masuk ke areal pusara Makam Bung Karno secara bergantian supaya tidak menimbulkan kerumunan.

Jumlah pengunjung yang berdo’a di pusara Makam Bung Karno hanya dibatasi maksimal 30 orang saja.

“Kami juga minta pengelola agar mengawasi protokol kesehatan terhadap para pengunjung,” paparnya.

Selanjutnya Suparjoko menerangkan bahwa, setelah dari kawasan Makam Bung Karno, Satgas covid-19 bergeser ke kawasan wisata Istana Gebang, tempat dimana Bung Karno kecil tinggal bersama keluarga.

Satgas covid-19 juga menghimbau kepada para pengunjung di Istana Gebang untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan secara benar dan ketat.

“Kami mengingatkan kepada para pengunjung agar tetap memakai masker, mencuci tangan diair yang mengalir dan menjaga jarak ketika berada di tempat kawasan wisata,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan