infobanua.co.id
Beranda Blitar Pelanggan KA Mulai Naik, Syarat Mutlak Tetap Berlakukan Rapid Test Antigen dan Genose C19

Pelanggan KA Mulai Naik, Syarat Mutlak Tetap Berlakukan Rapid Test Antigen dan Genose C19

Blitar, Infobanua.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan Grafik Perjalanan Kereta (Gapeka) yang baru. Tapi ada tiga buah Kereta Api keberangkatan dari wilayah Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun, tujuan Jakarta, yang jarang beroperasi dikarenakan minimnya pelanggan atau penumpang.

Tiga Kereta Api (KA) tersebut adalah KA Bangunkarta relasi Jombang-Pasar Senen pergi pulang, KA Singasari serta KA Brantas relasi Blitar-Pasar Senen, pergi pulang (pp).

Manager Humas PT KAI (persero) Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan bahwa, sejak Pemerintah mengijinkan test Genose C19 sebagai syarat untuk transportasi KA dan dibukanya pelayanan test Genose C19 di beberapa stasiun di wilayah Daop 7, perlahan tapi pasti jumlah penumpang KA kembali menggeliat.

“Dalam tiga bulan terakhir, trend pelanggan KA kembali meningkat. Untuk memenuhi animo warga masyarakat mulai Sabtu 05 Juni 2021, KA Bangunkarta, KA Singasari dan KA Brantas mulai beroprasi kembali setiap hari selama bulan Juni ini,” kata Manager Humas PT KAI (persero) Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko, Selasa 08-06-2021.

Menurut Ixfan, bahwa sebelumnya ketiga KA tersebut hanya dijalankan ketika libur akhir pekan atau long weekend, karena warga masyarakat masih membatasi kegiatan bepergian dengan transportasi umum.

Peningkatan animo warga masyarakat pada tiga bulan terakhir bisa dilihat dari jumlah penumpang di wilayah Daop 7 Madiun. Pada bulan Maret 2021 jumlah penumpang sebanyak 124.952 orang, bulan April 2021 mencapai 139.770 orang, dan bulan Mei 2021 tembus 153.216 orang.

“Sementara operasional setiap hari ketiga KA tersebut baru beroperasi bulan Juni ini. Bila minat warga masyarakat tinggi, tidak menutup kemungkinan akan dioperasikan seterusnya,” jlentrehnya.

Masih menurut Ixfan, bahwa selain ketiga KA jurusan Jakarta, terdapat satu KA keberangkatan Daop 7 Madiun dengan relasi Blitar-Kiaracondong Bandung, yakni KA Kahuripan yang berjalan setiap hari.

“Untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, KAI Daop 7 Madiun juga telah menyediakan enam Stasiun yang melayani rapid test antigen dengan harga Rp 85.ribu yakni Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, Stasiun Jombang, Stasiun Kediri, Stadiun Tulungagung dan Stasiun Blitar,” ungkapnya.

Lebih dalam Ixfan menerangkan selain itu ada juga beberapa Stasiun yang melayani test Genose C19 dengan harga Rp 30 ribu, diantaranya Stasiun Madiun, Nganjuk, Jombang, Kediri, Tulungagung dan Blitar. Dan KAI tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk pelanggan tetap mensyaratkan surat keterangan bebas covid-19 yang ditunjukan dengan hasil negatif test Genose C19 yang berlaku 1×24 jam atau rapid test antigen yang berlaku 3×24 jam dari satu jam pengambilan sampel.

Selain itu pelanggan tetap wajib memakai masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat Celcius, serta dalam kondisi sehat tidak dalam keadaan demam, batuk, flu, dan sesak nafas selama dalam perjalanan.

“Tiket KA Bangunkarta, KA Singasari, KA Brantas, dan beberapa KA lainnya keberangkatan hingga akhir bulan Juni 2021 sudah dapat dipesan. Dan pelanggan bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi KAI Access maupun channel yang lain,” pungkasnya. (Eko.B). 

Bagikan:

Iklan