infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Aditya Mufti Ariffin Buka Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Secara Daring

Aditya Mufti Ariffin Buka Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Secara Daring

Banjarbaru, infobanua.co.id – Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin, mengikuti Grand Opening Pembelajaran Tatap Maya Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Non Petahana Tahun 2021 sacara daring. Bertempat di Ruang Command Center Balai Kota Banjarbaru.

 

Setelah Grand Opening Pembelajaran Tatap Maya Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin pemberian materi Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri bagi Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota Non Petahana Tahun 2021 pada sesi I yaitu: dengan Materi Pembinaan Politik dan Demokrasi Lokal Paska Pilkada Serentak.

 

Sesi II dengan materi  Sistem Pemerintahan Indonesia. Sesi III dengan materi Kepemimpinan dan Etika Pemerintahan. Dan Pada sesi IV dengan materi Isu Strategis Otonomi Daerah dan Permasalahannya.

 

Kepala BPSDM Kemendagri Dr Drs HTeguh Setyabudi, M Pd mengatakan pembekalan ini ditujukan kepada para Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota/Wakil Wali Kota hasil Pilkada serentak tahun 2020 yang dilaksanakan secara demokratis yang menghasilkan 270 pasangan Kepala Daerah yang memiliki karakteristik kepemimpinan yang berbeda yang berdasar dari berbagai macam latar pendidikan, usia, pengalaman politik dan keahlian.

 

Tujuan pembinaan ini, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota/Wakil Wali Kota hasil Pilkada serentak tahun 2020 di Bidang Perencanaan Pemerintahan Daerah dan pengabdian masyarakat dalam rangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, kegiatan ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu pembinaan secara virtual yang dilaksanakan pada 7 Juni – 17 Juni 2021 untuk gelombang pertama dan dilanjutkan hari ini 14 Juni–18 Juni untuk gelombang kedua.

 

Gelombang kedua dilaksanakan untuk non petahana.Pembelajaran tatap muka untuk kehadiran para peserta secara langsung akan dilaksanakan dengan memperhatikan penerapan protokol covid-19 yang dimulai pada tanggal 28 Juni 2021 secara berkelanjutan hingga tanggal 5 Agustus tahun 2021.

 

Menteri Dalam Negeri Indonesia, Tito Karnavian sekaligus membuka secara resmi acara pembekalan kepemimpinan pemerintahan dalam negeri bagi Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota Non Petahana Tahun 2021 dalam sambutannya menyampaikan acara ini merupakan tugas Kementerian untuk untuk mengembangkan SDM dan tugas pembinaan pengawasan pemerintahan daerah salah satunya penguatan kemampuan para pemimpin eksekutif daerah di mana tahun 2020 kita telah melaksanakan Pilkada serentak melalui proses yang panjang.

 

Tito Karnavian ingin materi yang disampaikan akan dapat memperkaya pengetahuan dan kemampuan untuk kedepannya agar bisa lebih sukses dan selamat, sehingga Tito Karnavian menyampaikan kepada kepala BPSDM agar materi kepada non petahana diberikan materi yang berbeda dengan petahana.

 

Dan Tito Karnavian juga mengingatkan kepala daerah yang sudah dilantik agar untuk bisa mengontrol  menekan laju penyebaran Penanganan covid 19 dan juga bisa mengatasi masalah stunting. Manfaatkan secara maksimal waktu yang tersedia di tahun 2021 sampai pertengahan tahun 2023 untuk bekerja membangun daerah dan menyejahterakan masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi secepatnya. Mengingat tahun 2024 akan dilaksanakan kembali Pilkada secara serentak.

Yus/IB

Bagikan:

Iklan