infobanua.co.id
Beranda Sintang Sebanyak 163 Tower BTS akan Dibangun Di Sintang

Sebanyak 163 Tower BTS akan Dibangun Di Sintang

Sintang, infobanua.co.id – Pelaksanaan pembangunan 163 Tower BTS (Infrastruktur Base Transceifer Station) dan Infrastruktur pendukungnya sudah mulai tahapan pembangunannya. Rangkaian dari tahapan pembangunan sudah mulai berjalan. Guna menunjang kelancaran kegiatan pembangunan tim dari Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI memaparkan ke Bupati Sintang, Selasa (15/6) pagi.
Berlokasi di Pendopo Bupati Sintang, Doddy Devrian dari Fiberhome yang merupakan perpanjangan tangan dari Bakti mengatakan, bahwa tahapan pembangunan saat sudah memasuki tahapan soil test yaitu menguji Pengujian sondir, merupakan salah satu pengujian penetrasi yang bertujuan untuk mengetahui daya dukung tanah, pada setiap lapisan serta mengetahui kedalaman lapisan pendukung yaitu lapisan tanah keras.

Pria berbadan besar ini melanjutkan bahwa, hal ini dimaksudkan agar dalam mendesain Pondasi yang akan digunakan sebagai penyokong kolom bangunan diatasnya, memiliki faktor Keamanan (safety factor) yang tinggi. Sehingga bangunan diatasnya tetap kuat dan tidak mengalami penurunan atau, settlement yang dapat membahayakan dari sisi keselamatan akan bangunan dan penghuni didalamnya.

“Sebelum tahapan ini dilakukan tahapan sebelumnya yaitu melakukan survey letak dari bangunan BTS, proses berikutnya adalah melakukan proses perijinan ke warga sekitar dan melakukan sosialisasi,” imbuh Iwan Permana yang juga dari Fiberhome.

Ditempat yang sama, Heryadi dari PT Sumber Mataram Makmur (SMM) mengatakan dari pihaknya sudah melaksanakan proses sitac. Proses sitac yang merupakan proses memperoleh ijin dari masyarakat untuk pembangunan ini juga proses-proses lain yang berhubungan dengan rangkaian pembangunan tower tersebut.
“Dari 163 site yang dibangun tahap satu sebanyak 34 site, sisanya akan dilaksankan tahap dua atau berikutnya. Pembangunan 34 site ini tersebar ke Kecamatan Sepauk, Tebelian dan Kecamatan Tempunak. 14 site diantaranya dipercayakan kepada perusahaan PT SMM. Dari jumlah itu tersebar di Kecamatan Tempunak sudah selesai semua proses perijinan, sosialisasi, hibah tanah, ijin akses jalan hingga rekomendasi Camat,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Eeng ini melanjutkan, bahwa selain melakukan sitac, pihaknya juga sekarang sudah sebagian site melakukan uji sondir. “Berikutnya untuk pembangunan kontruksi hingga BTS ini dapat berfungsi dijadwalkan akan segera dilaksanakan diawal Juli 2021. Sesuai targetnya Insya Allah sebelum natal desa-desa ini sudah dapat menikmati akses internet dengan nyaman,” pungkasnya.

Bupati Sintang yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sintang, Kurniawan, S.Sos. M.Si dilokasi yang sama mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik pembangunan BTS ini. Oleh karenanya selain mengucapkan terima kasih kepada Bakti dan stacholder pihak juga memastikan akan mendukung kegiatan tersebut.

“Kami berharap pembangunan ini cepat dilaksanakan sehingga desa-desa di Kabupaten Sintang dapat segera menikmati akses jaringan telekomunikasi yang baik. Manfaatnya adalah dapat memperlancar akses komunikasi dan informasi sehingga berdampak terhadap kemajuan pembangunan di Kabupaten Sintang,” ucap pria muda ini. ( ysi )

Bagikan:

Iklan