Bank Kalsel Lakukan Kerjasama dengan Pemerintahan Desa Batola

  • Whatsapp

Marabahan, infobanua.co.id – Sebanyak 61 desa/kelurahan di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Barito Kuala bermigrasi dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) ke Bank Kalsel untuk mengelola keuangan. Kelima kecamatan tersebut yakni Kecamatan Marabahan, Bakumpai, Anjir Muara, Anjir Pasar dan Alalak.

Kepala Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Barito Kuala, Mochammad Aziz mengatakan, pemindahan Rekening Kas Desa (RKD) tersebut telah disepakati dengan dilaksanakannya penandatanganan perjanjian kerjasama dengan pihak Bank Kalsel pada 22 Juni lalu.

“Langkah pemindahan RKD ini keinginan pemerintah desa. Mereka ingin mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan lebih dekat dengan unit cabang yang ada di desa mereka,” kata Aziz, Minggu (27/6/2021).

Dijelaskanya, dalam mempermudah proses transfer kepada penyedia jasa atau rekanan di pemerintahan desa, juga diterapkan transaksi non tunai menggunakan aplikasi Cash Management Sistem (CMS) oleh Bank Kalsel.

Pihak Bank Kalsel juga sudah melakukan sosialisasi terkait penggunaan aplikasi CMS tersebut, sehingga dengan cepat diketahui dan dipahami aparat desa.

Aziz juga berharap, pemerintah desa bisa menggunakan aplikasi ini dengan baik dan benar dalam memproses penggunaan anggaran pendapatan dan belanja desa.
Kemanfaatan lain dari diberlakukannya CSM ini juga bisa meminimalisir penyelewengan dalam pengelolaan keuangan desa.

“Mengenai masa transisi pemindahan RKD, itu tidak berpengaruh pada keuangan desa, karena masih bisa melakukan transaksi dengan rekening yang lama di bank yang ditunjuk,” tegasnya.

Terkait adanya pemindahan puluhan rekening desa ini, Kepala Cabang Bank Kalsel Marabahan Fauzi Noor, mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Pemkab Batola yang telah memberikan kepercayaan kepada pihaknya dalam membantu menyalurkan dana desa.

“Tentunya kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah,” ucap Fauzi.

Ke depannya, ia berharap langkah awal ini bisa terus dilanjutkan guna memberikan pelayanan dan kinerja terbaik untuk Pemkab Batola melalui kerjasama ini.

Nang/IB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *