infobanua.co.id
Beranda Blitar Test Swab Santri Putri di Ponpes Nurul Ulum, Kota Blitar, Diulang Besuk Pagi

Test Swab Santri Putri di Ponpes Nurul Ulum, Kota Blitar, Diulang Besuk Pagi

Blitar, Infobanua.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, melalui Satgas covid-19 Kecamatan Kepanjenkidul akan melakukan test swab ulang pada hari Selasa 10 Agustus 2021 besuk, terhadap sejumlah Santri Putri yang kontak erat dengan Santri Putri positif covid-19 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Ulum, jalan Ciliwung 56, Kota Blitar.

Kepala UPTD Puskesmas Kepanjenkidul, dr.Triana Sulistyaningsih, mengatakan,
test swab akan dilakukan oleh petugas Kesehatan UPTD Puskesmas Kepanjenkidul, Kota Blitar.

“Test swab PCR kedua ini dilakukan terhadap kontak erat tanpa gejala,” kata Kepala UPTD Puskesmas Kepanjenkidul, dr.Triana Sulistyaningsih, Senin 09-08-2021.

Menurut Triana, dari hasil tracing Tim Satgas covid-19 mendapatkan 198 anak yang kontak erat dengan Santri Putri positif covid-19.

Dan sebanyak 198 anak kontak erat tersebut terdiri atas Santri dan Pendamping Santri.

Satgas sudah melakukan test swab terhadap 26 anak Santri Putri kontak erat yang bergejala pada hari Sabtu 07 Agustus 2021 lalu.

Hasilnya, dari 26 anak Santri Putri kontak erat bergejala yang ditest swab, terdapat 21 anak Santri Putri dinyatakan positif covid-19.

“Rencana, besok pagi Selasa 10 Agustus 2021, kami melakukan test swab lagi terhadap kontak erat yang tanpa gejala,” jlentrehnya.

Lebih dalam Triana menuturkan bahwa, Santri Putri bergejala yang hasil test swab pertama positif, langsung dibawa ke Rumah Isolasi.

Sedang Santri Putri bergejala yang hasil test swab negatif sementara menjalani isolasi di Ponpes.

“Kami minta pengelola Ponpes agar Santri Putri bergejala yang hasil test swab negatif ditempatkan secara terpisah,” ungkapnya.

Selanjutnya Triana menjelaskan, saat ini Satgas masih melakukan evaluasi terhadap Santri Putri bergejala yang hasil test swab negatif.

Jika diperlukan, Satgas akan melakukan test swab ulang terhadap Santri Puttri bergejala yang hasil test swab pertama negatif.

“Kami evaluasi terlebih dahulu, jika perlu mereka akan kami test swab ulang,” pungkasnya.

Telah diberitakan sebelumnya, puluhan Santri Putri di Ponpes Nurul Ulum, jalan Ciliwung 56, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, terpapar covid-19.

Untuk itu, Satgas covid-19 menghentikan sementara segala aktivitas di Ponpes tersebut. (Eko.B).

Bagikan:

Iklan