infobanua.co.id
Beranda BANJARMASIN Dirgahayu RI Ke-76 Lanal Banjarmasin dan Ditpolairud Polda Kalsel Gelar Konvoi Perahu Hias Merah Putih

Dirgahayu RI Ke-76 Lanal Banjarmasin dan Ditpolairud Polda Kalsel Gelar Konvoi Perahu Hias Merah Putih

Banjarmasin, infobanua.co.id -Memupuk sinergitas antara TNI – Polri, Lanal Banjarmasin bersama Ditpolairud Polda Kalsel melaksanakan konvoi perahu hias merah putih masyarakat Maritim dalam rangka rangkaian memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76 tahun 2021 bertempat di perairan sungai Barito – Kalimantan Selatan, Selasa (17 Agustus 2021).

 

Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla didampingi Dirpolairud Polda Kalsel Kombes Pol Takdir Mattanete SH, MH bersama-sama ikut serta memimpin kegiatan konvoi perahu hias merah putih.

 

Puluhan perahu yang diikutkan dalam konvoi tersebut, semuanya berhiaskan bendera merah putih. Dari yang berukuran kecil hingga besar, Perahu-perahu hias ini menghiasi sungai Barito yang menjadi ciri khas Banjarmasin yaitu Kota Seribu Sungai.

 

Titik star konvoi berawal dari kantor Ditpolairud dan finish di Pos TNI AL Trisakti, dengan jarak tempuh sejauh 5,5 Mil (9,9 Km), adapun Sarana yang digunakan dalam konvoi yaitu 9 Speed Patroli dari Ditpolairud Polda Kalsel dan dari Lanal Banjarmasin ada 6 Unit Speed Patroli dan 1 unit RHIB (Rigid Hulled Inflatable Boats) serta 23 perahu hias merah putih dari masyarakat Maritim (Pesisir) Kota Banjarmasin.

 

Setelah rombongan konvoi sampai di Pos TNI AL Trisakti dilaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih, bertindak sebagai Irup (Inspektur Upacara) Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla dan Komandan Upacara (Dan up) Mayor Laut (T) Charles Messy.

 

Peserta Upacara diikuti oleh Personel Lanal Banjarmasin, Ditpolairud Polda Kalsel, Ketua Cabang 4 Korcab XIII DJA ll Ny. Farrah Herbiyantoko beserta pengurus Jalasenastri Lanal Banjarmasin dan dari Pramuka Saka Bahari.

 

Acara terakhir ditutup dengan pembagian Bansos kepada masyarakat Maritim berupa Sembako sebanyak 65 paket dan pemberian hadiah kepada 3 peserta juara konvoi perahu hias yang menang dengan kategori hiasan perahu paling unik serta menarik oleh Danlanal, Dirpolairud dan  Ketua Cabang 4 Korcab XIII DJA ll Ny. Farrah Herbiyantoko.

 

Saat memberikan keterangan Danlanal Banjarmasin mengatakan kita bersinergi dengan Ditpolairud Polda Kalsel dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76, bertujuan untuk mengenang jasa – jasa para Pahlawan Kemerdekaan yang telah mendahului kita, dimana mereka rela mengorbankan jiwa dan raganya demi negara yang kita cintai ini.

 

Patut kita contoh bentuk ketauladanan dan jiwa patriot nasionalismenya, hendaknya ini dapat dijadikan suri tauladan bagi generasi muda untuk mengisi kemerdekaan di segala bidang pembangunan yang baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat

di masa yang akan datang.

 

Dengan pemberian bantuan paket Sembako kepada warga Pesisir ini, semoga bisa meringankan beban mereka, terlebih di musim Pandemi yang belum berakhir., Tambah Danlanal.

 

Ditempat yang sama Dirpolairud menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan atas Sinergitas antara Ditpolairud Polda Kalsel dangan Lanal Banjarmasin dalam rangkaian peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-76, terima kasihnya kepada warga Pesisir yang turut berpartasipasi meramaikan konvoi perahu dengan hiasan – hiasan warna merah putih yang menarik.

 

Apresiasi juga kepada para Personel pendukung, sehingga kegiatan ini berjalan aman dan lancar. Untuk kedepan tetap kita bersinergi dengan Lanal Banjarmasin dalam membantu kesejahteraan masyarakat, terutama warga yang tinggal di bantaran Sungai Barito., Pungkas Ditpolairud.

 

Usai kegiatan didapat keterangan dari 2 orang Warga Pesisir Kampung Teluk Dalam Kec. Banjarmasin Barat a.n Sdr. Sagito dan Sdr. Yanto mengucapkan terima kasihnya bisa berpartisipasi dalam memeriahkan HUT RI Ke-76 yang diselenggarakan oleh Lanal Banjarmasin dan Ditpolairud Polda Kalsel.

 

“Semoga Sinergitas Lanal Banjarmasin dan Dirpolairud Polda Kalsel tetap berjalan baik, dengan bantuan paket Sembako ini tentunya bisa meringankan beban kebutuhan pokok sehari – hari,” terangnya.

Rel

Bagikan:

Iklan