infobanua.co.id
Beranda Blitar Putus Penularan Corona, Petugas Terminal Bus Kota Blitar Menjalani Pemeriksaan Kesehatan

Putus Penularan Corona, Petugas Terminal Bus Kota Blitar Menjalani Pemeriksaan Kesehatan

Blitar, Infobanua.co.id – Untuk memutus penularan Corona Virus Desiase-2019 (covid-19), para petugas di Terminal Bus Tipe A Patria, jalan Kenari 110, Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, menjalani pemeriksaan kesehatan berupa rapid test antigen.

Kepala Terminal Bus Tipe A Patria Kota Blitar, Verie Sugiharto mengatakan, hasil rapid test antigen semua petugas dinyatakan negatif.

Sedangkan rapid test antigen tersebut rutin dilakukan setiap bulannya. Karena rapid test antigen termasuk dalam program Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) XI Jawa Timur.

“Pemeriksaan ini rutin dilakukan terhadap para petugas Terminal sebagai upaya pencegahan penularan covid-19 di lingkungan terminal,” kata Kepala Terminal Bus Tipe A Patria Kota Blitar, Verie Sugiharto, Senin 30-08-2021.

Menurut Verie, sebanyak 35 orang petugas yang menjalani rapid test antigen setiap bulannya.

Dari 35 orang tersebut, 30 orang di Terminal Bus Tipe A Patria Kota Blitar dan 05 orang lagi di Jembatan Timbang Talun Kabupaten Blitar.

“Dari hasil pemeriksaan semua dinyatakan negatif,” jlentrehnya.

Lebih dalam Verie menuturkan, selain rapid test antigen kepada para petugas, Terminal Bus Tipe A Patria Kota Blitar juga menerapkan protokol kesehatan (protkes) dengan benar dan ketat untuk mengantisipasi penularan covid-19. Dan protkes ketat tersebut berlaku bagi penumpang dan seluruh awak armada Bus.

“Sedangkan bagi semua pengunjung terminal juga wajib memakai masker secara benar dan ketat,” ungkapnya.

Selanjutnya Verie menjelaskan, jika petugas Terminal tidak segan untuk menegur penumpang yang tidak memakai masker. Dan ruang tunggu di Terminal Bus Tipe A Patria juga diatur sedemikian rupa sehingga semua penumpang dapat menjaga jarak.

Selain itu, para penumpang juga harus menunjukkan dokumen perjalanan berupa kartu vaksin dan hasil pemeriksaan rapid test antigen.

Hal tersebut sesuai dengan peraturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang masih berjalan di Kota Blitar.

“Memang layanan Bus tetap jalan, namun dengan protokol kesehatan yang ketat. Di antaranya dengan pemeriksaan dokumen perjalanan,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa, Terminal Bus Tipe A Patria Kota Blitar menjadi salah satu atensi penerapan aturan PPKM Level 4 di Kota Blitar.

Karena Terminal Bus Tipe A Patria sering menjadi pintu masuk dan keluar para penumpang dari luar kota.

Pemeriksaan penumpang setiap Bus yang berhenti maupun berangkat di Terminal Bus Tipe A Patria Kota Blitar, dilakukan sangat ketat.

Terutama penumpang yang naik Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Penumpang yang tidak membawa dokumen perjalanan tidak diperbolehkan berangkat naik Bus. (Eko.B) 

Bagikan:

Iklan