infobanua.co.id
Beranda TAPIN Tapin Luncurkan Program Desa Sadar Administrasi Kependudukan.

Tapin Luncurkan Program Desa Sadar Administrasi Kependudukan.

TAPIN, Infobanua.co.id – Desa Jingah Babaris Kecamatan Tapin Utara sudah menerapkan program Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tapin atas inovasi barunya demi mengwujudkan Desa Sadar Administrasi Kependudukan.

Sebagaimana diharapkan Bupati Tapin HM.Arifin Arpan di Desa Jingah Babaris, semoga program ini dapat diterapkan pada penduduk lainnya. Kamis (2/9).

Bupati Tapin menyambut baik program ini sebagai pelengkap persyaratan warga negara Indonesia. Hal itu sejalan dengan anjuran Kementerian Dalam Negeri RI.

“Dari penempelan stiker ini tanda diketahui atau tidaknya Warga Tapin ini aktif bukan pasif sebagai warga negara yang secara sadar melengkapi administrasi kependudukanya mulai dari Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga. Mereka yang aktif bakal ditempelkan stiker desa sadar administrasi kependudukan sebagai tanda telah melengkapi dokumen kependudukan,”katanya.

Kepala Disdukcapil Tapin Hj Rina Indriyani mengatakan inovasi itu hanya untuk desa yang sudah melengkapi segala administrasi kependudukan.

“Yang menjadi De’sa Adminduk adalah desa pilihan. Apabila ada warga yang belum lengkap memiliki dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, KTP, KIA, akta kematian dan lain lain akan dicetakan oleh Disdukcapil Tapin dengan cara jemput bola untuk pelayanan cetak di tempat,” ujarnya.

Apabila sudah lengkap, dikatakannya setiap rumah ditempeli stiker De’Sa Adminduk sebagai tanda penghuni rumah sudah melengkapi dokumen kependudukan.

Reporter Nasrullah

Bagikan:

Iklan