infobanua.co.id
Beranda Barito Kuala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batola Gelar Pelatihan Pengurus Koperasi

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batola Gelar Pelatihan Pengurus Koperasi

Marabahan, infobanua.co.id – Pelatihan Standart Operasional Managemen (SOM) dan Standart Operasional Prosedur (SOP) Koperasi bagi pengurus dan pengawas yang diselenggarakan Dinas koperasi perindustrian dan perdagangan kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Acara berlangsung selama 3 hari dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dari berbagai koperasi yang ada di kabupaten Barito kuala (Batola), Kamis (9/09/2021).
Bertempat di rumah UMKM Handil Bakti Kecamatan Alalak yang berbatasan langsung dengan Kota Banjarmasin Ibu Kota dari Provinsi Kalimantan Selatan.
Menurut Kabid Koperasi H Irwan noor, SSsos, usai acara pelatihan di rumah UMKM Handil Bakti.Ada  dua orang, narasumber dari Yayasan Pemberdayaan Insani Cerdas (YPIC) dari Luar daerah Kabupaten Barito Kuala DJoni Tua Simanjuntak, Ssos dan Dr Ir Robinson sitepu M.App.sc.
Dikatakannya, kedua narasumber ini bukan saja menjelaskan paparan saja yang disampaikannya dalam materi tapi juga praktek langsung.
“Semoga para peserta yang sudah mengikuti pelatihan dapat membuka cakrawalanya supaya koperasi sedang ditanganinya benar-benar menjadi koperasi sesuai dengan harapan tujuan maupun pengertian dari arti koperasi yang sebenar-benarnya, sesuai dengan AD/ARTnya masing_masing,” harap Irwan.
Irwan mengatakan, para pengurus koperasi harus rutin mengadakan acara Rapat anggota tahunan (RAT) dan itu biasanya disetiap bulan Maret. Kalau pengurus lupa diharapkan dengan para anggota bisa mengingatkan pengurus wajib mengadakan RAT, disinilah kelebihan dari badan usaha yang berbentuk koperasi jauh beda dengan badan hukum lainya di negeri kita.
“Acara pelatihan tentang koperasi setahun diselenggarakan ada 6 kali, ini yang ke 5,” katanya.
Nang/IB

Bagikan:

Iklan