Categories: Barito Kuala

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Batola Gelar Pelatihan Pengurus Koperasi

Marabahan, infobanua.co.id – Pelatihan Standart Operasional Managemen (SOM) dan Standart Operasional Prosedur (SOP) Koperasi bagi pengurus dan pengawas yang diselenggarakan Dinas koperasi perindustrian dan perdagangan kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Acara berlangsung selama 3 hari dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dari berbagai koperasi yang ada di kabupaten Barito kuala (Batola), Kamis (9/09/2021).
Bertempat di rumah UMKM Handil Bakti Kecamatan Alalak yang berbatasan langsung dengan Kota Banjarmasin Ibu Kota dari Provinsi Kalimantan Selatan.
Menurut Kabid Koperasi H Irwan noor, SSsos, usai acara pelatihan di rumah UMKM Handil Bakti.Ada  dua orang, narasumber dari Yayasan Pemberdayaan Insani Cerdas (YPIC) dari Luar daerah Kabupaten Barito Kuala DJoni Tua Simanjuntak, Ssos dan Dr Ir Robinson sitepu M.App.sc.
Dikatakannya, kedua narasumber ini bukan saja menjelaskan paparan saja yang disampaikannya dalam materi tapi juga praktek langsung.
“Semoga para peserta yang sudah mengikuti pelatihan dapat membuka cakrawalanya supaya koperasi sedang ditanganinya benar-benar menjadi koperasi sesuai dengan harapan tujuan maupun pengertian dari arti koperasi yang sebenar-benarnya, sesuai dengan AD/ARTnya masing_masing,” harap Irwan.
Irwan mengatakan, para pengurus koperasi harus rutin mengadakan acara Rapat anggota tahunan (RAT) dan itu biasanya disetiap bulan Maret. Kalau pengurus lupa diharapkan dengan para anggota bisa mengingatkan pengurus wajib mengadakan RAT, disinilah kelebihan dari badan usaha yang berbentuk koperasi jauh beda dengan badan hukum lainya di negeri kita.
“Acara pelatihan tentang koperasi setahun diselenggarakan ada 6 kali, ini yang ke 5,” katanya.
Nang/IB

admin

Recent Posts

Kabupaten Banjar Raih Penghargaan Wahana Tata Nugraha 2024, Bukti Kesuksesan Penataan Transportasi

Jakarta, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Banjar berhasil meraih penghargaan tingkat nasional berupa Wahana Tata Nugraha…

6 jam ago

Lima Presidium KAI Kalsel Resmi Dilantik, Siap Angkat Kembali Marwah Organisasi

Banjarmasin, infobanua.co.id – Setelah melalui proses panjang dan intensif, Konferensi Daerah Luar Biasa Kongres Advokat…

7 jam ago

Wali Kota Banjarbaru Raih Tiga Penghargaan Nasional dalam Sepekan, Terbaru Wahana Tata Nugraha 2024

BANJARBARU, infobanua.co.id – Dalam kurun waktu tiga hari berturut-turut, Wali Kota Banjarbaru, Muhammad Aditya Mufti…

8 jam ago

Bapaslon Mudyat-WIN Silatuhrami di Desa Giriumukti

PENAJAM, Infobanuo.co.id - Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara…

11 jam ago

Sekda Nunukan Resmi Buka Kegiatan Advokasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender (PUG)

NUNUKAN, infobanua.co.id – Pemerintah Kabupaten Nunukan kembali menunjukkan komitmen seriusnya dalam mempercepat pengarusutamaan gender. Senin…

12 jam ago

DPRD Kotim Dukung Pasar Murah di Gelar Rutin

Sampit, infobanua.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur sementara, Rinie mendukung penuh jika Pemerintah Kabupaten…

13 jam ago